Ada Diskon PPnBM, Penjualan Mobil Meroket 72%

Anisa Indraini - detikFinance
Kamis, 22 Apr 2021 14:05 WIB
Harga mobil LCGC atau mobil murah bakal naik karena kena pajak 3%. Meski tak signifikan harga mobil LCGC akan semakin nyerempet dengan Low MPV.
Ilustrasi/Foto: Dok
Jakarta -

Penjualan mobil secara umum meningkat tajam pada Maret sebesar 72,6% dibandingkan Februari karena insentif diskon Pajak Penjualan atas Barang Mewah Ditanggung Pemerintah (PPnBM-DTP). Sedangkan dibandingkan periode yang sama tahun lalu (year on year/yoy) naik 10,5%.

"Beberapa basis yang kita lihat penjualan kendaraan bermotor meningkat tajam di bulan Maret ini juga karena respons terhadap stimulus yang diberikan pemerintah dalam bentuk PPnBM di mana insentif ini memberikan dampak lonjakan konsumsi atau pembelian kendaraan bermotor mobil pada bulan Maret meningkat 11% atau dalam hal ini 10,5% yoy atau tumbuh 72,6% dibanding bulan sebelumnya jadi ada lonjakan," kata Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dalam konferensi pers virtual, Kamis (22/4/2021).

Kenaikan angka penjualan mobil diharapkan bisa mendorong konsumsi kelas menengah atas yang selama ini tertahan karena pandemi COVID-19.

"Kita berharap dengan adanya confidence penjualan mobil ini akan terus mendorong konsumsi terutama kelompok rumah tangga kelas menengah atas yang selama ini masih tertahan akibat kondisi COVID dan kita berharap ini akan mendukung kontribusi pertumbuhan ekonomi," tuturnya.

Sebagai informasi, Pemerintah memberikan diskon Pajak Penjualan atas Barang Mewah Ditanggung Pemerintah (PPnBM-DTP) untuk mobil segmen sedan dan 4x2 dengan kapasitas silinder mesin di bawah 1500 cc sejak Maret 2021.

Dalam bahan paparan Sri Mulyani, peningkatan penjualan terjadi pada mobil niaga dan mobil penumpang. Penjualan mobil pada Maret mendekati angka rata-rata pada 2019 dan diperkirakan tinggi di kuartal berikutnya.

Penjualan mobil 4x2 pada Maret yang sebagian besar merupakan objek fasilitas PPnBM-DTP tumbuh 121,2% dibandingkan Februari.

Tonton juga Video "KuTips: Cara Cermat Berburu Mobil Baru saat Diskon PPnBM":

[Gambas:Video 20detik]



(ara/fdl)