Catat! Ini Jadwal hingga Harga Vaksin Gotong Royong

Soraya Novika - detikFinance
Selasa, 11 Mei 2021 15:03 WIB
Infografis Vaksinasi Gotong Royong
Foto: Infografis detikcom/ Mindra Purnomo: Infografis Vaksinasi Gotong Royong
Jakarta -

Program vaksinasi mandiri atau vaksin Gotong Royong akan dilaksanakan sebentar lagi. Rencananya, program tersebut akan dilaksanakan usai lebaran atau tepatnya mulai 17 Mei 2021 mendatang.

Untuk harganya, menurut Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto biayanya mencapai Rp 500 ribu per dosis atau Rp 1 juta rupiah per orang. Ini karena masing-masing orang membutuhkan dua dosis.

"Harga vaksin Rp 375 ribu per dosis dan penyuntikannya Rp 125 ribu, sehingga total Rp 500 ribu," ujar Airlangga dalam konferensi pers secara virtual, Senin (10/4/2021).

Sebelumnya, menurut pengusaha swasta melalui Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia, vaksinasi yang pertama akan dilakukan 18 Mei mendatang. Biaya vaksin Gotong Royong itu, kata Ketua Umum Kadin Indonesia Rosan Roeslani akan dibayarkan penuh oleh perusahaan.

"Ini 100% dibayar perusahaannya, dan perlu diingat perusahaan juga nggak boleh melakukan komersialisasi sama sekali," ungkap Rosan kepada detikcom.

Rosan melanjutkan, pengusaha kabarnya masih bisa mendapatkan harga lebih murah untuk biaya vaksin Gotong Royong. Syaratnya, perusahaan harus punya fasilitas kesehatan yang mumpuni dan memenuhi standar Kementerian Kesehatan.

Bila normalnya per orang harganya Rp 1 juta, bila punya fasilitas kesehatan sendiri perusahaan hanya perlu membayar Rp 750 ribu per orang untuk dua kali dosis penyuntikan.

"Tapi, apabila perusahaannya itu sudah punya fasilitas kesehatan sendiri punya rumah sakit sendiri yang memenuhi standar Kemenkes, itu silakan mengadakan vaksinasi sendiri. Harganya (vaksin Gotong Royong) lebih murah tidak Rp 1 juta, tapi 750 ribu per orang," ungkap Rosan.

Simak video 'Resmi! Pemerintah Tetapkan Harga Vaksin Gotong Royong Rp 500.000/Dosis':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2