Ini Alasan Pabrik Daur Ulang Plastik Terbesar RI Berdiri di Jatim

Hilda Meilisa Rinanda - detikFinance
Rabu, 30 Jun 2021 18:30 WIB
sampah plastik
Ilustrasi/Foto: Live Science
Surabaya -

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita meresmikan pabrik daur ulang sampah plastik terbesar di Indonesia. Pabrik ini berada di Kawasan Industri PIER atau Pasuruan Industrial Estate Rembang milik PT SIER.

Peresmian PT Veolia Services Indonesia, yang merupakan salah satu tenant PT SIER digelar secara daring. Pabrik ini disebut terbesar se-Indonesia karena memiliki luasan 21.675 m2.

Di pabrik ini, mendaur ulang botol PET atau Polyethylene Terephthalate. Pabrik daur ulang ini diharap turut membantu pemerintah dalam mengurangi sampah plastik.

Sustainable Development Director Danone Indonesia, Karyanto Wibowo menyampaikan kolaborasi adalah kunci untuk menyelesaikan persoalan global.

Sementara itu, Factory Manager Veolia Indonesia, Xavier Jean mengatakan pabriknya sengaja dibangun di Pasuruan karena memiliki lokasi yang strategis.

"Kami memilih PIER di Pasuruan ini karena lokasi yang strategis, perizinan yang mudah, pengelola kawasan industri yang suportif dan akses distribusi dengan infrastruktur yang baik", kata Xavier Jean di Pasuruan, Rabu (30/6/2021).

Sementara untuk besaran produksi Veolia Indonesia bisa mencapai 25.000 metrik ton per tahun. Keberadaan pabrik daur ulang ini juga aman untuk lingkungan. Veolia juga merupakan pabrik pengolahan yang bekerja sama dengan Danone untuk daur ulang botol bekas menjadi botol baru kembali.

Tak hanya dihadiri Menperin, peresmian ini dihadiri oleh President Director of Danone-AQUA Connie Ang, President Director of Veolia Indonesia Sven Beraud-Sudreau dan Duta Besar Perancis untuk Indonesia H.E. Mr. Olivier Chambard.

"Kami tentunya bangga sebagai kawasan industri bisa menjadi tempat investasi pabrik baru ini, harapan kami sama seperti yang disampaikan Menteri Prindustrian Pak Agus Gumiwang di pidato pembukaan tadi, yaitu dengan diresmikannya Veolia Indonesia di Kawasan Industri PIER Pasuruan ini dapat membantu meningkatkan circular economy yang ujungnya ikut membantu menambah pertumbuhan ekonomi Indonesia ke depan," tutup Direktur Operasi PT SIER Didik Prasetiyono.

(hns/hns)