Tertunda Imbas India Badai COVID-19, Vaksin Novavax Tiba di RI September

Trio Hamdani - detikFinance
Rabu, 07 Jul 2021 16:43 WIB
Vaksin Novavax 89% efektif atasi varian baru Covid-19 dalam uji klinis di Inggris
Foto: BBC World
Jakarta -

Pengiriman vaksin Novavax dari India ke Indonesia tertunda akibat negara Bollywood tersebut dilanda tsunami COVID-19 beberapa waktu lalu.

Direktur Utama Bio Farma Honesti Basyir menjelaskan keterlambatan disebabkan oleh masalah bahan baku dan gelombang kedua COVID-19 di India.

"Novavax ini memang karena ada permasalahan juga di India, tidak hanya dari masalah bahan bakunya tapi juga karena adanya gelombang kedua yang juga lebih tinggi di India, sehingga memang suplainya pengirimannya ke Indonesia terlambat," katanya dalam rapat dengar pendapat dengan Komisi VI DPR RI yang disiarkan secara langsung, Rabu (7/7/2021).

Namun, dari hasil komunikasi terakhir pihaknya dengan produsen vaksin di India, diperkirakan vaksin tersebut akan tiba di Indonesia pada September 2021, diimpor melalui anggota holding BUMN farmasi, yakni PT Indofarma.

"Insyaallah nanti bulan September Novavax akan masuk," sebut Honesti.

Pada kesempatan sebelumnya, dia menerangkan bahwa kedatangan vaksin Novavax ke Indonesia terlambat. Itu karena adanya embargo akibat lonjakan kasus COVID-19 di India. Padahal rencananya vaksin tersebut tiba di Indonesia Juli ini.

"Yang masih kita berusaha melakukan komunikasi diplomasi dengan India karena kasus di India memang sangat luar biasa sehingga vaksin yang diproduksi di India, Novavax kemungkinan akan datang mundur dari rencana Juli," kata Honesti dalam RDP dengan Komisi VI DPR RI, Selasa (25/5/2021).

(toy/fdl)