Nggak Pakai Tabung, Pengusaha Keroyokan Pasok Oksigen Lewat Pipa

Aulia Damayanti - detikFinance
Senin, 19 Jul 2021 13:43 WIB
oksigen
Foto: Shutterstock/
Jakarta -

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan mengapresiasi kolaborasi GoTo, Kadin Indonesia, dan Samator Group dalam rangka pemenuhan kebutuhan oksigen pada masa pandemi. Bantuan dan inisiatif pihak swasta kian dibutuhkan di tengah semakin ganasnya penyebaran virus COVID-19 saat ini.

"Saya sangat mengapresiasi GoTo, KADIN Indonesia, dan Samator Group yang telah mendirikan Rumah Oksigen Gotong Royong.

"Ini adalah salah satu contoh yang baik dari peran aktif swasta dalam membantu penanganan COVID-19 demi rakyat. Kita perlu bersama-sama dalam menghadapi COVID-19, ini tantangan kita bersama," ucap Luhut dalam keterangan resminya.

Apresiasi tersebut disampaikan Luhut di sela peninjauan progress pembangunan Rumah Oksigen sebagai hasil kerjasama Grup GoTo, grup teknologi terbesar di Indonesia yang menaungi Gojek, Tokopedia dan GoTo Financial, bersama Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN Indonesia) beserta PT Aneka Gas Industri Tbk. (Samator Group) pada Minggu (18/7/2021).

Kolaborasi tiga pihak tersebut menyepakati berdirinya fasilitas kesehatan Rumah Oksigen Gotong Royong yang merupakan bagian dari upaya bersama mendukung penanganan COVID-19 di Indonesia.

Rumah Oksigen Gotong Royong merupakan suatu fasilitas kesehatan semi-permanen pertama di Indonesia yang khusus dilengkapi dengan peralatan suplai oksigen dan tempat tidur perawatan (bed) bagi warga terpapar COVID-19 dengan gejala sedang.

Fasilitas ini dicetuskan sebagai upaya bahu membahu dan saling membantu berbagai pihak di ekosistem Grup GoTo, KADIN Indonesia, Samator Group, mitra strategis, pemerintah, dan masyarakat luas untuk bersama-sama menghadapi tantangan pandemi.

"Krisis oksigen yang dialami Indonesia saat ini antara lain disebabkan oleh distribusi yang terkendala jarak dan waktu serta keterbatasan sarana dan prasarana. Rumah Oksigen Gotong Royong dicetuskan untuk meminimalisir hambatan tersebut. Kami sangat mengapresiasi kolaborasi yang begitu solid dengan Samator Group dalam memastikan ketersediaan oksigen, Master Steel dalam penyediaan lahan, serta Tripatra dalam membangun konstruksi Rumah Oksigen Gotong Royong dalam waktu singkat," CEO GoTo Andre Soelistyo mengungkapkan.

Andre menambahkan bahwa inisiatif dimaksud juga terinspirasi dari arahan serta semangat pemerintah khususnya Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Kementerian Kesehatan, dan Kementerian Perindustrian dalam penanganan pandemi.

"Supaya kita senantiasa mencari solusi efektif dalam membantu masyarakat yang terpapar COVID-19," jelas Andre.

Bersambung ke halaman selanjutnya.