Google Bisnisku: Cara Daftar, Fungsi dan Verifikasi Lewat Email

Tim detikcom - detikFinance
Kamis, 19 Agu 2021 19:31 WIB
google bisnisku
Foto: Google
Jakarta -

Banyak cara untuk mempromosikan usaha atau bisnis. Salah satunya, dengan memanfaatkan layanan Google Bisnisku atau Google My Business.

Google Bisnisku merupakan layanan gratis bagi pelaku usaha yang ingin menampilkan bisnisnya di berbagai produk Google seperti Maps dan hasil pencarian. Layanan ini menguntungkan pelaku usaha karena bisnisnya bisa diketahui banyak orang.

Bagi calon konsumen, layanan tersebut memberikan manfaat karena mereka bisa mendapat informasi lengkap tentang apa yang mereka butuhkan. Sebab, konsumen biasanya membutuhkan informasi tentang nama, alamat, nomor telepon, jam operasional, website perusahaan, alamat lengkap dan masih banyak lagi.

Berikut cara mendaftar Google Bisnisku seperti dikutip dari blog Google Support:

1. Buka Situs Google Bisnisku

Menggunakan browser di laptop atau PC buka situs resmi Google Bisnisku di https://www.google.com/business/. Di sudut kanan atas klik Login dan masuk menggunakan akun Google. Setelah login, masukkan nama bisnis.

2. Masukkan Alamat Bisnis

Setelah itu masukkan alamat lengkap bisnis. Calon pengguna Google Bisnisku juga akan diminta untuk menempatkan penanda lokasi bisnis di Google Maps agar memudahkan konsumen mengunjungi lokasi bisnis pebisnis.

Jika bisnis tidak memiliki lokasi fisik, tetapi beroperasi di area layanan, bisa mencantumkan area layanan sebagai gantinya. Jika sudah selesai klik berikutnya.

Buka halaman selanjutnya buat tahu lebih lengkap.