Bisnis Model Canvas: Pengertian, Cara dan Manfaatnya

Tim detikcom - detikFinance
Kamis, 19 Agu 2021 20:15 WIB
Bisnis online
Foto: Edi Wahyono
Jakarta -

Perencanaan merupakan hal yang penting dalam menjalankan sebuah usaha atau bisnis. Tanpa perencanaan yang matang, maka bisnis menjadi tanpa arah dan sulit berkembang.

Bisnis Model Canvas (BMC) barangkali membantu para pengusaha untuk merencanakan bisnisnya. Apa itu?

1. Pengertian Bisnis Model Canvas

Bisnis Model Canvas (BMC) merupakan alat dalam strategi manajemen untuk menerjemahkan konsep, konsumen, infastruktur, maupun keuangan perusahaan dalam bentuk elemen-elemen visual.

Konsep BMC ini mengandalkan gambar-gambar ide sehingga setiap orang memiliki pemahaman yang sama dan riil terhadap ide-ide konsumen mereka, pengeluaran biaya, cara kerja usahanya, dan lainnya.

2. Cara Kerja dan Manfaat

Model bisnis ini mudah dibuat oleh para pengusaha UMKM karena cenderung lebih dekat dengan pelanggan, mengetahui siapa pelanggan, dan bagaimana menjaga hubungan dengan pelanggan dengan diimbangi penjagaan proporsi nilai produk/jasa yang ditawarkan.

"Beberapa masalah yang ditemui oleh UMKM, seperti cara mengatur keuangan, mengatur pemasaran, mendistribusikan barang, menentukan target pasar, dan mendapatkan pelanggan dapat diminimalisir dengan pembuatan BMC," ujar Dian Pratiwi, Dosen Muda Ekonomi dan Bisnis Universitas Riau dalam keterangan tertulis.

Pelaku usaha bisa memanfaatkan BMC untuk bertahan. Dengan BMC, pelaku usaha bisa menangkap peluang bisnis yang baru.

"UMKM bisa memanfaatkan BMC untuk bertahan, karena bisa membuat pelaku UMKM dapat menangkap peluang bisnis yang dapat diambil, sepert salon kecantikan yang berubah menjadi usaha retail penjual produk kecantikan dan usaha-usaha lainnya," tambahnya.

(acd/dna)