100 Ton Oksigen Disebar ke Rumah Sakit di Tiga Provinsi

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Jumat, 03 Sep 2021 13:34 WIB
Oksigen
Foto: (Istimewa)
Jakarta -

Mendukung Pemerintah dalam percepatan penanganan COVID-19, PT Timah Tbk akan menyalurkan 100 ton oksigen ke rumah sakit di wilayah Operasional Perusahaan di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Provinsi Riau dan Kepualuan Riau.

Bantuan oksigen ini merupakan respon cepat perusahaan atas meningkatnya kebutuhan oksigen untuk penanganan COVID-19. Dengan adanya bantuan oksigen ini diharapkan dapat membantu pemenuhan kebutuhan oksigen yang sempat mengalami kendala beberapa waktu lalu.

Ratusan ton oksigen ini terus didistribusikan secara bertahap ke rumah sakit. Untuk tahap awal pendistribusian oksigen sudah dimulai sejak Jumat (27/8/2021) ke beberapa Kabupaten diantaranya Kabupaten Bangka, Bangka Tengah dan Bangka Barat.

Melalui bantuan oksigen ini diharapkan pasien-pasien yang membutuhkan oksigen dapat tertangani dengan cepat. Sebagaimana diketahui, osksigen merupakan salah kebutuhan untuk penanganan pasien COVID-19.

Bantuan oksigen dari PT Timah Tbk ini diapresiasi oleh Pemerintah Daerah. Bupati Bangka, Mulkan mengatakan bentuk kepedulian PT Timah Tbk untuk membantu masyarakat yang membutuhkan oksigen. Baginya bantuan ini sangat cepat dan tepat sesuai dengan kebutuhan.

"Pemkab Bangka mendapatkan 200 tabung oksigen dari PT Timah Tbk yang akan didistribusikan ke rumah sakit. 100 tabungnya sudah diserahkan sejak jumat lalu ke RSUD Depati Bahrin. Kami menyampaikan ribuan terimakasih kepada PT Timah Tbk yang tak henti-hentinya membantu Pemerintah Daerah menangani pandemi COVID-19," kata Mulkan saat menerima secara simbolis bantuan oksigen dari PT Timah Tbk, di Rumah Dinas Bupati Bangka, Kamis (2/8/2021).

Bersambung ke halaman selanjutnya.

Mulkan menambahkan, tidak hanya oksigen PT Timah Tbk juga sebelumnya telah menyerahkan bantuan paket sembako, APD dan kebutuhan penanganan COVID-19 lainnya kepada masyarakat di Kabupaten Bangka.

Direktur RSUD Depati Bahrin, Yogi Yamani mengapresiasi bantuan oksigen dari PT Timah Tbk, pasalnya bantuan ini datang di waktu yang tepat sesuai dengan kebutuhan pasien saat ini, khususnya pasien COVID-19.

"Luar biasa sekali bantuan dari PT Timah Tbk, seperti kita menunggu hujan ditengah kemarau. Oksigen ini bantuan hidup bagi pasien COVID-19, fungsi oksigen ini sangat vital," kata Yogi Yamani usai menerima bantuan oksigen dari PT Timah Tbk, di Kawasan RSUD Depati Hamzah, Jumat (27/8/2021).

Ia menceritakan dalam beberapa minggu ini kebutuhan oksigen di Kabupaten Bangka dan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung meningkat seiring dengan meningkatnya jumlah kasus COVID-19. Belum lagi supplier sangat terbatas sekali. Sehingga bantuan ini sangat membantu pasien COVID-19.

"Satu hari kebutuhan oksigen kita butuh 150 tabung dengan kapasitas enam meter kubik. Oksigen kita dipasok dari PT Igas karena kita tidak memiliki liquid base dan generator gas, jadi suplaynya dalam bentuk tabung enam meter kubik ini," katanya.

Bersambung ke halaman selanjutnya.

Senada, Bupati Bangka Tengah, Algafry mengatakan bantuan oksigen dari PT Timah Tbk ini membantu mempercepat penanganan COVID-19 di Bangka Tengah.

"Terimaksih kepada PT Timah Tbk yang telah memberikan bantuan oksigen. Ini sangat bermanfaat sekali untuk membantu penanganan COVID-19 dan ini sangat bermanfaat," kata Algafry.

Sementara itu, Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bangka Tengah, dr Lismayoni mengatakan, bantuan oksigen ini memang sangat dibutuhkan penanganan COVID-19. Ia menyebutkan, kebutuhan oksigen di rumah sakit bisa mencapai 70 tabung berkapasitas enam meter kubik dalam satu hari.

Ia menilai, PT Timah Tbk cukup tanggap dalam menyalurkan bantuan oksigen sesuai dengan kebutuhan masyarakat saat ini.

"Alhamdullillah bantuan oksigen ini, PT Timah Tbk cukup tanggap membantu rumah sakit umum dan masyarakat yang mendapatkan layanan di sini untuk kebutuhan oksigen. Semoga nantinya akan ada bantuan lainnya lagi," harapnya.

Bupati Bangka Barat, Sukirman mengapresiasi bantuan oksigen dari PT Timah Tbk, baginya bantuan oksigen ini merupakan bentuk kepedulian PT Timah Tbk dalam penanganan COVID-19 di Bangka Barat dan mengatasi kelangkaan oksigen.

"PT Timah Tbk telah berpartisipasi agar Bangka Barat tidak menggalami kelangkaan oksigen. Oksigen akan disalurkan ke RSUD Sejiran Setason sebagai tempat utama, juga akan disalurkan ke fasilitas kesehatan seluruh kecamatan di Bangka Barat, kemana yang perlu, dan kalau kekuranggan akan ditambahkan," jelasnya.

Bersambung ke halaman selanjutnya.

Sementara itu, Sekretaris Perusahaan PT Timah Tbk, Abdullah Umar Baswedan mengatakan, PT Timah Tbk terus konsisten menangani pandemi COVID-19 di seluruh wilayah operasional perusahaan dengan bersinergi dengan berbagai pihak.

PT Timah Tbk menyerahkan bantuan oksigen, pasalnya saat ini oksigen merupakan kebutuhan masyarakat. Sehingga masyarakat maupun fasilitas kesehatan dapat menangani pasien COVID-19 dengan cepat dan tepat.

"Oksigen saat ini menjadi kebutuhan masyarakat, merespon kebutuhan ini PT Timah Tbk menyalurkan bantuan oksigen ini ke rumah sakit untuk membantu percepatan dan penanganan COVID-19," kata Abdullah.

Sebelumnya, PT Timah Tbk telah menyalurkan puluhan ribu paket sembako kepada masyarakat, Alat Pelindung Diri (APD), Handsanitizer, Cairan Disinfektan, oksigen, vitamin, puluhan ribu lembar masker, ratusan westafel portable dan bantuan bagi UMKM.

"PT Timah Tbk bersinergi dengan pemerintah daerah dan stakeholder untuk menangani pandemi COVID-19. PT Timah juga berupaya menggerakkan ekonomi masyarakat dengan melibatkan UMKM dalam penyaluran bantuan. Seperti paket sembako, bahan pokoknya kita beli dari toko kelontong dan UMKM sekitar," katanya.

Ia mengajak masyarakat untuk terus disiplin menerapkan protokol kesehatan sehingga bisa bersama-sama menekan penyebaran COVID-19.

(hal/dna)