Industri Kesehatan RI Susah Berkembang, Menperin Ungkap Penyebabnya

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Rabu, 08 Sep 2021 15:35 WIB
Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita
Foto: dok. Kemenperin
Jakarta -

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang mengungkapkan pengembangan industri kesehatan nasional sangat lah rumit. Khususnya dalam pengembangan alat kesehatan dan farmasi.

Padahal, menurutnya di sisi produksi, industri kesehatan lokal mampu memproduksi alat kesehatan dan obat-obatan. Namun, susah berkembang.

"Berkaitan dengan industri alat kesehatan dan pharmaceutical memang agak rumit. Ini bukan dari sisi produksinya, industri ini kita mampu," ungkap Agus dalam rapat kerja dengan Komisi VII, Rabu (8/9/2021).

Yang jadi masalah selama ini adalah dari sisi permintaannya. Industri alat kesehatan dan farmasi produknya sejauh ini cuma bisa dibeli oleh negara. Agus mengatakan industri kesehatan masih belum bisa berharap ke pembeli swasta.

"Kata kunci pengembangan industri alat kesehatan dan pharmaceutical adalah negara harus beli. Kita tidak bisa, belum bisa, berharap ke swasta untuk beli hasil industri alat kesehatan dan farmasi," ungkap Agus.

Nah komitmen pembelian oleh negara sendiri bukan menjadi tupoksi dari Kementerian Perindustrian. Menurut Agus, pihaknya berfokus untuk menyiapkan barang dan produksi saja.

"Jadi memang pengembangan ini kata kuncinya negara harus beli. Harus ada komitmen, dan itu bukan di perindustrian. Kami siapkan barangnya aja produksinya aja," kata Agus.

Tonton juga Video: Menperin Agus Gumiwang Resmikan Ekspor Perdana Antigen Dalam Negeri

[Gambas:Video 20detik]