Krisis Chip Global Bikin Harga HP Bekas Ikut Naik?

Siti Fatimah - detikFinance
Selasa, 12 Okt 2021 16:37 WIB
Pengunjung memadati ITC Roxy Mas, Jakarta, Jumat (03/11/2017). Saat banyak pusat perbelanjaan bertumbangan dan sepi pengunjung seperti pusat elektronik Glodok, hal berbeda justru dialami ITC Roxy Mas. Pasalnya, dalam kurun waktu 1 tahun, jumlah pengunjung di sana terus mengalami peningkatan. Grandyos Zafna/detikcom

-. Ramainya ITC Roxy Mas dikarenakan pusat perbelanjaan tersebut menjual barang khusus yaitu telefon genggam (handphone) ataupun aksesorinya yang tidak pernah mati. Lain halnya dengan Glodok yang hanya khusus menjual peralatan elektronik.
Krisis Chip Global Bikin Harga HP Bekas Ikut Naik?
Jakarta -

Pasokan chip sedang mengalami krisis secara global. Industri teknologi pun menjadi salah satu sektor yang turut terdampak. Beberapa merk smartphone mulai ancang-ancang untuk menaikkan harganya seperti yang baru-baru ini dilakukan Xiaomi Indonesia.

Lalu bagaimana nasib smartphone second (bekas)? Apakah harganya akan ikut terkerek naik?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, detikcom melakukan penelusuran di beberapa toko smartphone second. Salah satu penjual smartphone di Mal Ambassador menanggapi soal krisis chip yang berpotensi menaikkan harga elektronik.

Hasna, bukan nama sebenarnya, mengatakan jika harga smartphone second tidak dapat dipastikan sekalipun terjadi krisis chip. Dia pun mengaku tak memiliki banyak stok smartphone second lantaran didapat dari beberapa konsumen yang ingin tukar tambah dengan barang baru di toko miliknya.

"Ga tentu (harga naik karena chip) kita second itu angkat dari user jadi nggak ada ini..kita second itu nggak banyak. Kita nggak banyak karena kita kan dari program tuker tambah biasa, jadi ke perorangan," kata Hasna kepada detikcom, Selasa (12/10/2021).

Dia mengatakan, selama ini peminat pembeli di tokonya pun didominasi oleh pembeli barang baru. Penentuan harga smartphone second pun disebutnya tergantung durasi pemakaian dan kondisi fisik.

"Nggak terlalu, kebanyakan orang lebih banyak beli baru. Harganya, kalo second tergantung berapa lama dipakai karena tipenya kan banyak, selama ini sih harganya nggak pernah naik," ujarnya.

Lihat juga video 'iMac Terbaru Apple, Dibekali Chip M1 dengan Warna Menggemaskan':

[Gambas:Video 20detik]



Lanjut ke halaman berikutnya.