Jokowi Resmikan Pabrik Biodiesel Rp 2 Triliun Milik Haji Isam

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Kamis, 21 Okt 2021 14:16 WIB
Jokowi Groundbreaking Pembangunan Smelter PT Freeport di Gresik
Jokowi Resmikan Pabrik Biodiesel Rp 2 Triliun Milik Haji Isam
Jakarta -

Pabrik biodiesel PT Jhonlin Agro Raya (JAR) di Kalimantan Selatan milik pengusaha Haji Isam diresmikan Presiden Joko Widodo hari ini. Pabrik ini menelan investasi sebesar Rp 2 triliun dan memiliki kapasitas 1.500 ton per hari.

"Dengan ucap bismillahirrahmanirrahim, hari ini saya resmikan pabrik biodiesel PT Jhonlin Argo Raya di Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan," ungkap Presiden Joko Widodo dalam acara peresmian yang ditayangkan virtual, Kamis (21/10/2021).

Jokowi mengapresiasi inisiatif PT Jhonlin Group yang membangun pabrik biodiesel di Kalimantan Selatan milik Haji Isam tersebut. Dia mengatakan inisiatif melakukan hilirisasi komoditas mentah harus didorong. Termasuk pada komoditas sawit alias CPO, dia meminta perusahaan lainnya mengikuti langkah PT Jhonlin untuk melakukan hilirisasi.

"Saya harap ada perusahaan lain mulai hilirisasikan dan industrialisasikan CPO. Entah jadi minyak goreng, kosmetik, atau jadi barang setengah jadi dan barang jadi lainnya. Saya hargai yang dilakukan PT Jhonlin Group yang mengubah CPO jadi Biodiesel 30. Ini berikan nilai tambah besar," ujar Jokowi.

Dalam acara peresmian ini, Haji Isam selaku pimpinan perusahaan Jhonlin Group hadir ditemani Andi Arman Sulaiman yang merupakan Komut Jhonlin Group. Arman sendiri sebelumnya pernah menjadi Menteri Pertanian di periode pertama Jokowi menjabat.

Simak juga video '2 Tahun Kepemimpinan Jokowi-Ma'ruf Amin':

[Gambas:Video 20detik]

Siapa Haji Isam? Klik halaman berikutnya.