Bagaimana Nasib Cukai Rokok dan Plastik Tahun Depan? Ini Bocorannya

Trio Hamdani - detikFinance
Senin, 25 Okt 2021 14:54 WIB
Harga rokok akan berubah seiring kenaikan cukai hasil tembakau (CHT) atau cukai rokok, yang rata-rata 12,5% mulai hari ini, Senin (1/2/2021).
Ilustrasi/Foto: Grandyos Zafna
Jakarta -

Nasib kenaikan cukai rokok di 2022 bakal ditentukan bulan ini. Sementara belum dapat diketahui seperti apa kebijakan pemerintah terkait cukai rokok di tahun depan.

"Untuk cukai rokok saat ini masih kita review internal pemerintah dan mudah-mudahan insyaallah bulan ini kita bisa selesaikan setelah ditetapkan oleh pimpinan," kata Direktur Jenderal Bea dan Cukai Kementerian Keuangan Askolani katanya dalam konferensi pers APBN KiTa, Senin (25/10/2021).

Dia memastikan kebijakan cukai rokok sejalan dengan kebijakan yang akan dilaksanakan di 2022, dan sejalan dengan Undang-undang APBN 2022 yang telah ditetapkan bersama DPR.

Sementara untuk ekstensifikasi atau perluasan barang kena cukai dalam hal ini plastik, pemerintah masih melihat secara hati-hati bagaimana perkembangan pemulihan ekonomi ke depannya.

"Tentunya pemerintah akan melihat ini secara hati-hati, basisnya adalah melihat dari pada perkembangan dari pemulihan ekonomi kita di tahun 2021-2022, yang tentunya dari monitoring itu akan menjadi basis pemerintah untuk apakah bisa melaksanakan ekstensifikasi cukai di tahun 2022 dan ke depan," tambahnya.

Anggota Banggar DPR RI Boby Adhityo Rizaldi sebelumnya menjelaskan, pada tahun 2022 akan dilakukan ekstensifikasi barang kena cukai baru untuk mengurangi eksternalitas negatif atas konsumsi barang tertentu. Salah satunya adalah cukai plastik.

"Pemerintah dan DPR sepakat untuk melakukan ekstensifikasi cukai baru antara lain cukai produk plastik sekali pakai seperti kantong belanja plastik dan olahan plastik (wadah dan kemasan, peralatan makanan dan minuman), serta cukai minuman bergula dalam kemasan (MBDK)," katanya dalam rapat kerja dengan pemerintah, Selasa (28/9/2021).

(toy/eds)