Prabowo 'Hadiahkan' 2 Kapal Pengangkut Tank ke TNI AL, Ini Spesifikasinya

Aulia Damayanti - detikFinance
Rabu, 27 Okt 2021 14:42 WIB
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menyerahkan dua kapal perang angkut tank AT-8 dan AT-9 kepada TNI Angkatan Laut (AL). Kapal tersebut diproduksi PT Bandar Abadi atas pesanan Kementerian Pertahanan.
Menhan Serahkan 2 Kapal Angkut Tank Buatan Lokal ke TNI AL/Foto: Dok. Kemhan
Jakarta -

Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto menyerahkan dua Kapal Perang jenis Angkut Tank AT-8 dan AT-9 kepada TNI Angkatan Laut (AL). Kapal itu diproduksi oleh PT Bandar Abadi. Bagaimana spesifikasinya dan asal usul namanya?

Dalam keterangan di laman Kemenhan dikutip Rabu (27/10/2021), Prabowo menjelaskan asal usul nama dua kapal itu. Pertama untuk nama KRI Teluk Weda-526 diambil dari nama sebuah Teluk yang terletak di Halmahera Tengah Kecamatan Weda Tengah Maluku Utara.

Kawasan itu disebut terkenal akan keindahan taman bawah lautnya, dengan kehidupan ikan melimpah, salah satunya spesies Hiu Kaki Langka.

Kedua, nama KRI Teluk Wondama-527, diambil dari nama Teluk di daerah Kepala Burung Pulau Papua, yang dianggap sebagai surga terapung karena keindahan alamnya, di sebelah Raja Ampat.

Sementara spesifikasinya, dua kapal perang tersebut memiliki panjang keseluruhan (LOA) 117 M, lebar 16.40 m, tinggi 7.80 m dengan kecepatan maksimum 16 knot, juga memiliki endurance 20 hari dan diawaki 111 orang kru.

Selain itu, dua kapal angkut tank ini mampu membawa 367 orang pasukan, 15 unit Tank BMP-3F, serta satu unit helikopter.

Berlanjut ke halaman berikutnya.

Lihat juga Video: Kapal Perang Terbesar Australia Tiba di Priok, Ada Apa?

[Gambas:Video 20detik]