Bahlil Pede RI Bisa Jadi Pemain Besar Mobil Listrik Dunia, Ini Buktinya!

Siti Fatimah - detikFinance
Kamis, 04 Nov 2021 14:45 WIB
Menteri Investasi RI Bahlil Lahadalia menghadiri pembukaan Pendidikan dan Pelatihan Kader Organisasi Tingkat Daerah (Diklatda) HIPMI Jaya di Jakarta.
Foto: Grandyos Zafna
Jakarta -

Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia optimistis Indonesia menjadi pemain besar mobil listrik di dunia. Hal itu dikatakan sejalan dengan visi besar Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk mewujudkan transformasi ekonomi dengan adanya penciptaan nilai tambah melalui hilirisasi industri.

"Target Indonesia adalah menjadi salah satu negara pemain mobil listrik di dunia," ujar Bahlil dalam keterangan tertulisnya, Kamis (4/11/2021).

Pihaknya juga dijadwalkan melakukan penandatanganan nota kesepahaman dengan Foxconn terkait rencana investasi di Indonesia.

"Insyaallah Foxconn berminat masuk Indonesia. Saya belum bisa detail untuk jumlah dan kapan investasinya mulai. Kita sudah tanda tangan kesepakatannya tetapi belum dalam bentuk MoU. Yakin mereka masuk, tapi kami belum bisa umumkan secara detail. Mudah-mudahan tahun ini," ungkap Bahlil.

Dia menyampaikan, Jokowi telah memberikan perintah khusus kepada Kementerian Investasi/BKPM untuk menarik investasi Foxconn masuk ke Indonesia.

Investasi perusahaan manufaktur komponen dan produk elektronik asal Taiwan ini akan masuk dalam beberapa bagian antara lain produksi baterai listrik, mobil dan motor listrik, serta suku cadang peralatan komunikasi.

Berlanjut ke halaman berikutnya.