ADVERTISEMENT

Penerapan SNI Bisa Genjot Pemulihan Ekonomi, Begini Alasannya

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Minggu, 12 Des 2021 12:02 WIB
Industri Baja
Foto: Industri Baja (Istimewa/Tata Logam)
Jakarta -

Penerapan Standar Nasional Indonesia (SNI) pada produk Indonesia bisa meningkatkan nilai tambah pada barang itu sendiri. Penerapan SNI ini juga bisa meningkatkan daya saing produk Indonesia di kancah internasional.

Hal itu diungkapkan oleh Deputi bidang Ekonomi Digital Ketenagakerjaan dan UMKM Kementerian Koordinator bidang Perekonomian, Muhammad Rudi Salahuddin pada acara SNI Awards.

Dia mengungkapkan, ekonomi Indonesia tumbuh sebesar 3,50 1% di Kuartal ketiga tahun 2021. Dia mengatakan, SNI juga berperan penting terhadap pemulihan ekonomi yang tengah digenjot. Alasannya, SNI bisa meningkatkan daya asing dan pada akhirnya mengakselerasi konsumsi.

"Walaupun pertumbuhan ekonomi melambat tetapi indikator ekonomi sektor riil menunjukkan prospek perbaikan ekonomi. Tren pertumbuhan positif ekonomi Indonesia perlu dijaga dan ditingkatkan. Oleh karena itu, kualitas produk, baik barang dan jasa Indonesia juga harus ditingkatkan agar semakin dapat bersaing di pasar internasional. Penerapan Standar Nasional Indonesia (SNI) adalah salah satu cara untuk menjaga kualitas produk dalam negeri agar mampu bersaing di era perdagangan bebas ini," terang Rudi dalam keterangannya, ditulis Minggu (12/12/2021).

Vice President Tatalogam Group Stephanus Koeswandi mengamini hal itu. Menurut Stephanus, penerapan SNI dalam produknya sekaligus memastikan mutu, keamanan serta kualitas produk itu sendiri. Sehingga konsumen semakin percaya untuk membeli produk tersebut.

"Penerapan SNI pada produk - produk Tatalogam Group merupakan tanggung jawab kami kepada seluruh konsumen dan masyarakat Indonesia. Menerapkan standarisasi dan menjamin mutu serta kualitas produk merupakan komitmen yang kami terapkan dalam proses produksi secara berkelanjutan," ujar Stephanus.

Terkait hal tersebut, Tatalogam Group melalui anak perusahaannya yaitu PT Tatalogam Lestari dan PT Tata Metal Lestari meraih 2 penghargaan di ajang SNI Award 2021 untuk kategori Organisasi Besar Barang Sektor Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika.

Kepala Badan Standar Nasional, Kukuh S Achmad menjelaskan, SNI award merupakan penghargaan dari pemerintah Republik Indonesia bagi perusahaan, organisasi yang secara konsisten menerapkan Standar Nasional Indonesia. Dan dari penerapan SNI tersebut memberikan hasil kinerja yang sangat baik serta berkelanjutan.

"Melalui SNI Award diharapkan Produsen, konsumen, dan masyarakat umum, semakin menghargai aspek mutu dan memahami perlunya berpartisipasi aktif dalam pengembangan dan penggunaan SNI sebagai referensi penyediaan dan permintaan pasar. Pada gilirannya, SNI diharapkan bisa secara signifikan memberi kontribusi dalam memberikan perlindungan kepada masyarakat, terutama terkait aspek kesehatan, keamanan, dan lingkungan hidup meningkatkan daya saing nasional," ujar Kukuh dalam sambutannya.



Simak Video "Jokowi soal Produk Lokal di e-Katalog: SNI Tidak Wajib!"
[Gambas:Video 20detik]
(acd/zlf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT