Luhut Beberkan Konsep Kawasan Industri Hijau yang Bikin Jokowi Bangga

Tim detikcom - detikFinance
Selasa, 21 Des 2021 14:24 WIB
Menteri Koordinator Kemaritiman
Foto: Muhammad Ridho: Menko Kemaritiman & Investasi Luhut Binsar Pandjaitan
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah meresmikan dimulainya proyek Kawasan Industri Hijau di Bulungan, Kalimantan Utara (Kaltara), Selasa (21/12/2021). Menurut Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi yang ikut mendampingi Jokowi dalam acara peresmian itu, dirinya pernah mengatakan Indonesia bisa menjadi superpower dalam energi hijau.

Kini, kata Luhut, pernyataan itu dia buktikan dengan groundbreaking proyek tersebut yang dipimpin langsung oleh Jokowi. Luhut pun membeberkan detail apa saja yang akan dibangun dalam kawasan industri hijau. Berikut penjelasan luhut dikutip dari akun Instagramnya @luhut.pandjaitan.

Seringkali kita tidak menyangka bahwa apa yang sering kita ungkapkan dan katakan, akan menjadi doa yang terkabul di kemudian hari.

Saya merenungi kalimat/statement yang sering saya sampaikan di hadapan publik dan awak media bahwa "Indonesia bisa menjadi superpower dalam energi hijau.". Mengapa saya berkata demikian? Karena Indonesia menyimpan potensi besar yang dibutuhkan bumi ini terutama negara-negara maju dalam menahan laju perubahan iklim. Ucapan itu saya buktikan hari ini saat "groundbreaking" Kawasan Industri Hijau Indonesia yang dipimpin langsung oleh Presiden @jokowi .

Kawasan Industri Hijau di Indonesia yang akan dibangun di atas lahan seluas 16.528 hektar di Provinsi Kalimantan Utara. Kawasan Industri yang akan masuk dalam Proyek Strategis Nasional (PSN) ini nantinya bukan hanya sekedar kawasan industri hijau.

Tetapi juga akan menjadi kawasan residensial, bisnis, dan pariwisata dengan konsep "modern and smart living". Dunia perlu melihat bahwa menggerakkan roda perekonomian sekaligus meningkatkan kualitas hidup masyarakat Indonesia bukanlah hal yang mustahil. "Now, we're building it in Indonesia."

Kawasan Industri Hijau bikin Jokowi bangga. Klik halaman berikutnya