Top! 13,8 Ton Tempe Made in Bogor Diekspor ke Jepang Bulan Ini

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Minggu, 09 Jan 2022 13:58 WIB
4 Alasan Tempe Bisa Untuk Promosikan Kuliner Nusantara ke Dunia
Foto: iStock
Jakarta -

Komoditas tempe asal Indonesia banyak digandrungi oleh masyarakat Jepang. Buktinya, banyak ekspor tempe asli Indonesia ke negeri matahari terbit itu.

Rumah tempe Azaki Bogor akan melakukan ekspor sebanyak 13,8 ton tempe pada akhir Januari ini. Pemilik rumah tempe ini, Ayep Zaki mengatakan, pihaknya sudah melakukan 3 kali ekspor ke Jepang dengan total 32,4 ton.

"Rumah Tempe Azaki diolah dengan proses yang modern dengan menerapkan sistem keamanan pangan dan cara produksi higienis," papar Ayep Zaki, Minggu (9/1/2021).

Ekspor tempe arumis itu berasal dari wilayah Bogor, Jawa Barat. Tempe azaki atau terkenal di Jepang dengan nama tempe arumia adalah produk tempe yang sangat ditunggu-tunggu keberadaannya di jaringan Gyomu Supermarket milik perusahaan Kobe Bussan sebagai importirnya. Mereka menunggu tempe arumia karena rasanya gurih khas sama persis dengan tempe yang ada di Indonesia.

Kemarin, rumah tempe ini dikunjungi oleh Politisi Nasdem, IGK Manila. IGK Manila datang sengaja untuk melihat proses produksi tempe yang laris manis di Jepang ini.

Area produksi yang dikunjungi mencakup gudang penyimpanan kedelai, area produksi basah, area produksi kering, area fermentasi dan area luar ruangan.

Setelah menyaksikan proses produksi RTA, Anggota Majelis Tinggi Partai NasDem ini sangat mendukung dan mengapresiasi kegiatan produksi tempe ini. Menurutnya, RTA mampu memberdayakan masyarakat sekitar dan bisa membanggakan produk dari Indonesia.

Dok Rumah Tempe AzakiKunjungan Politisi Nasem IGK Manila ke Rumah Tempe Azaki/Dok Rumah Tempe Azaki Foto: Dok Rumah Tempe Azaki

"Ini langkah bagus (ekspor tempe) untuk membuktikan bahwa sektor UKM kita khususnya yang bergerak dalam bidang kuliner bisa bangkit di masa pandemi ini," terang IGK Manila.

IGK Manila dalam kesempatan tersebut juga berharap dengan kegiatan ini, bisa memberikan motivasi kepada UKM lainnya untuk terus berinovasi dan menjual produknya keluar negeri.



Simak Video "Menjajal Tempe Mendoan Jumbo, Oleh-oleh Khas Purwokerto"
[Gambas:Video 20detik]
(zlf/zlf)