Menperin Ungkap RI Mau Ekspor Mobil Perdana ke Australia Tahun Ini

Aulia Damayanti - detikFinance
Rabu, 02 Feb 2022 14:45 WIB
Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita membuka pameran IIMS Motobike Expo 2019 di Istora Senayan, Jakarta, Jumat (29/11/2019).
Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita/Foto: Rifkianto Nugroho
Jakarta -

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita mengumumkan pada awal tahun ini Indonesia akan mulai mengekspor mobil buatan lokal ke Australia. Menurut Agus, ini merupakan catatan sejarah karena pertama kali untuk Indonesia akan mengekspor negara itu.

"Dapat kami laporkan juga kepada pimpinan bahwa insyaallah sebentar lagi. Ini sejarah bahwa Indonesia akan pertama kali melakukan ekspor mobil ke Australia," katanya dalam Rapat Dengar Pendapat dengan Komisi VII DPR RI, Rabu (2/2/2022).

Ini menjadi catatan sejarah karena untuk mendapatkan izin ekspor ke Australia butuh usaha.

"Ini adalah perjuangan. Karena keputusan boleh ekspor tidak di tangan kami. Perluasan ekspor mobil itu ada di tangan prinsipal. Untuk mobil Jepang, keputusan ada di Tokyo," ujarnya.

Selain itu, Australia sendiri memiliki standar yang tinggi yakni terkait Euro 4 atau Euro 5. Agus memastikan mobil yang akan dikirim ke Australia sudah memenuhi standar di sana.

"Mobil buatan Indonesia ini yang local content di atas 60%. Untuk pasar Australia memang sangat sulit mendapatkan izin prinsipal dari Tokyo karena Australia memiliki standar yang tinggi. "

Agus juga yakin ekspor mobil ini bisa dilakukan tidak lebih dari kuartal I-2022. "Saya yakin ini bisa dilakukan sebelum berakhirnya kuartal I," ujarnya.

Lihat juga video 'Pemerintah Minta Mercedes-Benz 'Made In Indonesia' Diekspor':

[Gambas:Video 20detik]



(ara/ara)