3 Pesan Jokowi Minta Ekspor Mobil dari Patimban Tembus 180.000

Trio Hamdani - detikFinance
Selasa, 08 Mar 2022 19:00 WIB
Mobil buatan Indonesia yang akan diekspor ke luar negeri dari Pelabuhan Patimban
Foto: Tangkapan Layar Youtube
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau pelepasan ekspor mobil dari Pelabuhan Patimban di Subang, Jawa Barat ke sejumlah negara pada Selasa (8/3). Menurutnya ekspor mobil melalui pelabuhan ini bisa mencapai 180 ribu unit pada tahun ini.

Berikut fakta-faktanya:

1. Optimis Ekspor Mobil Capai 180.000 Unit

Jokowi meninjau Pelabuhan Patimban yang sudah beroperasi 3 bulan sejak Desember 2021 ini didampingi oleh Duta Besar Jepang untuk Indonesia dan Menteri Perhubungan.

"Saya senang setelah (Pelabuhan Patimban) operasi, ekspor mobil dari Pelabuhan Patimban terus bergerak, yang sebelumnya direncanakan tahun ini bisa ekspor dari sini kurang lebih 160.000, melihat progres 3 bulan ini kelihatannya bisa naik menjadi 180.000 mobil untuk ekspor," katanya seperti disiarkan melalui saluran YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (8/3/2022).

2. Minta Negara Tujuan Ekspor Ditambah

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu menjelaskan negara tujuan ekspor mobil dari Pelabuhan Patimban, yakni ke Filipina, Brunei Darussalam, Jepang, dan Vietnam.

"Ini saya kira awal, nanti akan dikembangkan ke negara-negara yang lain sehingga satu bulan kurang lebih dari sini akan bisa diekspor 15.000 mobil," tuturnya.

3. Buka Lapangan Kerja Seluas-luasnya

Jokowi menjelaskan bahwa industri di Indonesia meskipun di tengah pandemi COVID-19 tetap terus bergerak, dan ekspor tidak berhenti.

"Dan kita harapkan ini akan ikut memberikan sumbangan kepada pertumbuhan ekonomi negara kita dan membuka lapangan pekerjaan yang seluas-luasnya," tambah Jokowi.

Simak Video 'Patimban Gaspol, RI Siap Kirim Lebih Banyak Mobil ke Luar Negeri':

[Gambas:Video 20detik]



(toy/zlf)