Jumbo! Perusahaan Patungan Korsel Bangun Pabrik Baja Rp 5,6 T di Cilegon

ADVERTISEMENT

Jumbo! Perusahaan Patungan Korsel Bangun Pabrik Baja Rp 5,6 T di Cilegon

Muhammad Iqbal - detikFinance
Jumat, 01 Apr 2022 10:58 WIB
Investasi Cilegon
Foto: Muhammad Iqbal
Cilegon -

Kota Cilegon bakal diguyur investasi senilai Rp 5,6 triliun dari PT Krakatau Posco. Investasi ini disebut untuk pengembangan pabrik baja dari perusahaan patungan antara PT Krakatau Steel Tbk dan POSCO Korea.

Rencana investasi ini untuk memenuhi kebutuhan baja nasional. Nantinya, pengembangan pabrik baja di Cilegon ini disebut bakal memproduksi 10 juta ton baja dari Cilegon.

"Posco ada pengembangan Rp 5,6 triliun, dan kami apresiasi, dan pesan menteri Bahlil bahwa orang2 Cilegon harus diberi kesempatan," kata Wali Kota Cilegon Helldy Agustian, Jumat (1/4/2022).

Investasi ini, kata Helldy diharapkan dapat mengurangi pengangguran di Cilegon yang dinilai masih tinggi meski ratusan pabrik padat modal berdiri di Cilegon.

"Masalah Cilegon paling utama adalah pengangguran, kami harapkan investasi ini bisa mengurangi angka pengangguran," ujarnya.

Penyerapan tenaga kerja lokal di industri dinilai menjadi solusi untuk mengatasi pengangguran. Pemerintah berharap industri di Cilegon memprioritaskan tenaga kerja lokal.

"Jumlah industri di Cilegon sekitar 248 industri tapi penganggurannya selalu peringkat ketiga atau pertama terendah se-Provinsi Banten. Kita minta industri ini bisa menyerap lebih banyak tenaga kerja lokal," katanya.



Simak Video "Presiden Jokowi Tegaskan Pentingnya Menjaga Kepercayaan Investor"
[Gambas:Video 20detik]
(das/das)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT