Prabowo Pesan 2 Pesawat Airbus A400M, Ini Sederet Kecanggihannya

Ardan Adhi Chandra - detikFinance
Rabu, 20 Apr 2022 16:05 WIB
WUNSTORF, JERMAN - 02 JANUARI: Beberapa pesawat angkut militer Airbus A400M milik Luftwaffe, angkatan udara Jerman, berdiri di landasan pacu pangkalan udara militer Wunstorf pada 2 Januari 2019 di Wunstorf, Jerman. Luftwaffe menerima A400M ke-25 pada tahun 2018 sebagai bagian dari armada yang pada akhirnya akan terdiri dari 50 pesawat, menjadikan A400M sebagai tulang punggung kemampuan transportasi militer Jerman. Pesawat telah melalui evolusi desain yang rumit yang mencakup kekurangan desain yang menunda pengiriman dan menaikkan biaya. (Foto oleh Thomas Starke/Getty Images)
Airbus A400M/Foto: Getty Images/Thomas F. Starke
Jakarta -

Indonesia pada November 2021 memesan dua pesawat Airbus A400M. Pesanan dilakukan oleh Kementerian Pertahanan dengan menekan Letter of Intent (LoI).

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto mengatakan Airbus A400M merupakan pesawat multiperan yang dapat meningkatkan taktis udara.

"Selain kemampuan taktis dan udara ke udara, A400M akan menjadi aset nasional dan berperan penting untuk misi Bantuan Manusia dan Tanggap Bencana," kata Prabowo seperti dalam siaran pers yang diunggah di situs Kemenhan, Kamis (18/11/2021) lalu.

Airbus President for Asia-Pacific, Anand Stanley menekankan keberhasilan Airbus di pasar helikopter dan alat pertahanan di Indonesia, dengan beroperasinya 150 helikopter dan 60 pesawat angkut militer.

"Kami juga bangga karena telah mengumumkan baru-baru ini bahwa Indonesia juga telah memesan dua pesawat A400M generasi terbaru kami, dengan empat pesawat tambahan sebagai opsi," ujarnya di Jakarta Pusat, Rabu (20/4/2022).

Dijelaskan bahwa pesawat Airbus A400M yang akan dikirim ke Indonesia dengan konfigurasi tanker dan transportasi multi role. Pesawat ini bisa digunakan di berbagai misi hingga melakukan pengisian bahan bakar di udara.

"TNI akan menjadi operator ke-10 pesawat ini dan versi yang dipesan oleh Indonesia akan dikirimkan dalam konfigurasi tanker dan transportasi multi-peran, yang akan memungkinkan TNI untuk menggunakan pesawat dalam berbagai misi termasuk transportasi pasukan, operasi pencarian dan penyelamatan dan pengisian bahan bakar di udara," tuturnya.

Lihat juga video 'Manuver Jet Tempur Dassault Rafale yang Dibeli Prabowo dari Prancis':

[Gambas:Video 20detik]



Pesawat komersial Airbus di halaman berikutnya.