ADVERTISEMENT

Harga Kapas Anjlok Jadi Mimpi Buruk Buat AS, Tanda-tanda Resesi Kian Dekat?

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Jumat, 08 Jul 2022 10:24 WIB
biji kapas
Ilustrasi/Foto: Istimewa
Jakarta -

Kapas yang menjadi salah satu andalan ekspor Amerika Serikat (AS) sedang jatuh harganya. Setiap hari selama minggu lalu, harga kapas berjangka turun signifikan.

Dilansir CNN, Jumat (8/7/2022), harga kontrak berjangka untuk komoditas hingga Desember ditutup di bawah US$ 1. Harga kapas kini telah turun lebih dari sepertiga harganya sejak awal Mei. Hal ini jelas jadi berita buruk bagi pertumbuhan ekonomi AS sebagai pengekspor kapas terbesar di dunia.

Penurunan harga ini disebut-sebut terjadi karena investor mulai mengantisipasi permintaan yang lebih rendah dari biasanya dalam waktu dekat. Permintaan lebih rendah terjadi karena masyarakat nampaknya mulai menahan belanja karena ada kemungkinan resesi.

Beberapa ekonom mengatakan bahwa perdagangan kapas membuatnya lebih rentan terhadap spekulasi dan volatilitas yang merajalela. Ketika pabrik tekstil membeli kapas dari pedagang, mereka menggunakan apa yang disebut kontrak tidak tetap.

Perusahaan tekstil atau pabrik akan menulis kontrak pembelian dengan pedagang kapas dengan harga yang sesuai dengan kontrak berjangka Juli atau Desember yang diperdagangkan pada saat pengiriman. Biasanya ketika pabrik berpikir harga pasar untuk kapas sangat rendah dan murah, pabrikan akan menghubungi pedagang dan menyelesaikan pembeliannya.

Bukan cuma kapas, semua komoditas juga telah turun harganya. Minyak mentah, logam, dan tanaman lainnya juga mengalami pukulan yang buruk dalam beberapa pekan terakhir.

Minyak mentah West Texas Intermediate, patokan minyak AS turun lebih dari 8% pada Selasa dan diperdagangkan kurang dari US$ 100 per barel untuk pertama kalinya sejak awal Mei.

Harga tembaga secara resmi berada di zona merah, berada lebih dari 20% di bawah tertinggi dibandingkan April. Itu pertanda yang sangat buruk, karena penurunan harga tembaga telah menjadi tanda-tanda resesi yang sangat akurat selama tiga dekade terakhir.

(hal/ara)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT