ADVERTISEMENT

Kena Sentuhan Teknologi, Industri Alat Berat Bisa Ngebut Lagi

Ilyas Fadilah - detikFinance
Jumat, 08 Jul 2022 11:40 WIB
Alat berat mulai membongkar oprit jembatan Sembayat Gresik
Foto: Ilustrasi Alat Berat (Foto: Jemmi Purwodianto/detikJatim)
Jakarta -

Meredanya pandemi virus Corona yang ditandai dengan menurunnya angka penularan memberi angin segar bagi pelaku industri. Pelonggaran pembatasan kegiatan masyarakat ikut mempercepat proses pemulihan. Salah satunya terlihat dari pergerakan di industri alat berat.

Industri alat berat mengalami trend kenaikan penjualan dari tahun ke tahun. Data dari Kementerian Perindustrian menunjukkan produksi alat berat hingga akhir tahun 2021 mencapai 6.000 unit atau melonjak 75% dibanding tahun 2020 yang hanya sebanyak 3427 unit.

Peningkatan produksi alat berat ini diperkuat dengan data dari Himpunan Industri Alat Berat Indonesia (HINABI). HINABI mencatat, sepanjang Januari-Maret 2022 produksi alat berat mencapai 2113 unit. Angka tersebut meningkat 49,11% dibandingkan pada Januari-Maret 2021 yang jumlahnya hanya 1417 unit.

Tren postif di sektor alat berat ini menjadi angin segar bagi perusahaan penyedia ekosistem alat berat seperti PT Surya Cakra Anugerah Nusantara (SCAN). Perusahaan yang merupakan bagian dari PT Astra Internasional dan Marubeni Corporation ini turut merasakan peningkatan penjualan.

"SCAN sudah menjalankan usaha jual beli sewa alat berat sejak tahun 2018. Lebih dari 1000 unit terjual dan lebih dari 100 unit disewakan secara offline. Mengingat kebutuhan alat berat kian meningkat, SCAN melakukan transformasi digital dengan meluncurkan web marketplace jual beli alat berat dengan nama scanina.com," ujar Mitondho, Direktur Marketing SCAN dalam keterangannya di Jakarta, Rabu (6/7/2022).

Marketplace scanina.com, lanjut Mitondho, merupakan bentuk inovasi yang dapat membantu user mengambil keputusan secara cepat, memberikan respon yang baik, serta dapat menjangkau pelanggan di seluruh Indonesia. Hal ini karena web marketplace Scanina memiliki fitur yang lebih efisien, sehingga transaksi bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja.

"Scanina hadir dengan fitur-fitur unik dan menarik, seperti SCAN Compare, SCAN Look Assurance dan SCAN Used Equipment Certified. Adanya fitur tersebut dapat memberikan gambaran kondisi alat berat secara detail dan faktual kepada user," imbuhnya.

Tak hanya itu, adanya fitur tersebut juga menandakan bahwa unit memiliki jaminan kualitas terbaik. Terlebih Scanina juga telah mendapatkan sertifikasi ISO 27001 dalam hal information security management.

Mitondho berharap hadirnya marketplace scanina.com dapat menjadi solusi tepat untuk kebutuhan alat berat. Pelaku bisnis pun akan mendapatkan kemudahan saat melakukan transaksi alat berat secara digital.

(dna/dna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT