ADVERTISEMENT

Bahlil Sebut Volkswagen Kepincut Bangun Pabrik Olahan Nikel di RI

Anisa Indraini - detikFinance
Selasa, 19 Jul 2022 15:19 WIB
Mobil listrik Volkswagen (VW) ID.3 mulai memasuki jalur produksi. Mobil berjenis hatchback ini akan diproduksi di fasilitas perakitan Volkswagen di Zwickau, Jerman.
Volkswagen. Foto: Getty Images/Sean Gallup
Jakarta -

Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia menyebut perusahaan otomotif asal Jerman, Volkswagen (VW) bakal membangun pabrik pengolahan nikel di Indonesia.

Hal itu dikatakan Bahlil setelah bertemu Chief Procurement Officer VW Jorg Teichmann di Kantor Kementerian Investasi/BKPM, Jakarta Selatan. Pertemuan tersebut dilakukan dalam rangka membahas pengembangan rencana investasi VW di Indonesia.

"Jorg Teichmann menyampaikan bahwa VW berencana membangun pabrik pengolahan nikel di Indonesia dan akan kembali ke Indonesia dalam waktu dekat untuk membahas mengenai rencana investasi tersebut," bunyi pengumuman di akun Instagram BKPM, dikutip Selasa (19/7/2022).

Sayangnya tidak dijelaskan secara gamblang kapan Volkswagen akan mulai berinvestasi di Tanah Air.

Seperti yang diketahui, saat ini Indonesia sedang gencar mengembangkan kendaraan listrik. Mengingat Indonesia diuntungkan dengan adanya bijih nikel sebagai sumber energi kendaraan listrik.

"Saat ini Kementerian Investasi/BKPM terus mendorong agar Indonesia mengambil peranan penting dalam pengembangan ekosistem kendaraan listrik di dunia, mengingat Indonesia memiliki cadangan bijih nikel sebanyak 25% dari seluruh cadangan dunia," tuturnya.

Pemerintah memasang target bahwa Indonesia bisa menjadi pemain dunia di industri baterai mobil listrik pada tahun 2025. Berbagai persiapan sudah dilakukan untuk mencapai ke sana sejak 2020.

Pada akhir 2020, pemerintah telah melarang ekspor nikel ore. Itu dilakukan untuk menciptakan hilirisasi atas industri dari pemrosesan nikel, yaitu baterai mobil listrik.

Oleh karena itu, pemerintah lebih mendukung investor-investor yang tertarik membangun industri bernilai tambah berbasis nikel untuk menanamkan modalnya di Indonesia.



Simak Video "Klasik tapi Elektrik! VW Kombi Jadi Mobil Listrik Tahun Depan"
[Gambas:Video 20detik]
(aid/das)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT