ADVERTISEMENT

Pabrik Hingga Karyawan Ford di India Dicaplok Tata Motors Rp 1,37 T

Shafira Cendra Arini - detikFinance
Senin, 08 Agu 2022 09:06 WIB
Logo Ford
Ford/Foto: Francois Lenoir/Reuters
Jakarta -

Pemilik Jaguar Land Rover, Tata Motors Ltd resmi membeli pabrik Ford Motor di Gujarat, India US$ 91,5 juta atau Rp 1,37 triliun (kurs Rp 15.000).

Hal ini ditandai dengan penandatanganan perjanjian pembelian pada Minggu antara anak perusahaan pembuat mobil India, Tata Passenger Electric Mobility Ltd dan Ford India Pvt Ltd mencakup tanah, aset, dan semua karyawan yang memenuhi syarat.

"Dengan kapasitas produksi kami yang mendekati saturasi, akuisisi ini tepat waktu dan menguntungkan bagi semua pemangku kepentingan," kata Tata Motors dalam sebuah pernyataan dilansir Reuters, Senin (8/8/2022).

Lebih lanjut, pemilik Jaguar Land Rover ini mengatakan, akuisisi pabrik akan membuka kapasitas produksi 300.000 unit per tahun yang bisa meningkat menjadi 420.000 unit.

Perlu diketahui, Ford sebelumnya dilaporkan menjual salah satu pabriknya di India kepada Tata Motors, yang akan memproduksi EV di negara tersebut. Pabrik itu terletak di Kota Sanand, Gujarat.

Ford telah berjuang di India selama lebih dari dua dekade ketika menghentikan produksi di negara itu tahun lalu. Produsen mobil ini berhenti memproduksi kendaraan di India dengan alasan pangsa pasarnya yang kurang dari 2%.

(ara/ara)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT