ADVERTISEMENT

Siapkan Rp 75 M, Blue Bird Bakal Tambah 100 Mobil Listrik di Jakarta-Bali

a - detikFinance
Selasa, 09 Agu 2022 20:30 WIB
PT Blue Bird Tbk meluncurkan layanan taksi dengan armada mobil listrik. Blue Bird menjadi perusahaan transportasi pertama yang menyediakan taksi listrik. Armada terbarunya untuk layanan Bluebird menggunakan merek BYD e6 A/T sedangkan Silverbird, Tesla Model X 75D A/T. BYD e6 digunakan untuk taksi reguler, sementara Tesla Model X menjadi taksi premium Silverbird.
Foto: Rifkianto Nugroho
Jakarta -

PT Blue Bird Tbk yakin bisa menyediakan 75 sampai 100 unit mobil listrik hingga akhir tahun 2022. Untuk mencapai target tersebut perusahaan menyiapkan belanja modal atau capex sebesar Rp 75 miliar.

"Kendaraan listrik 75 unit sampai 100 unit kita masih melihat deliverynya dengan capex Rp 50 miliar atau Rp 75 miliar hingga akhir tahun akan kami siapkan. Minimal," kata Wakil Direktur Utama PT Blue Bird Tbk, Andre Djokosoetono, dalam Media Gathering, di Kantor PT Blue Bird, Selasa (9/8/2022).

Sementara sampai Juli 2022 Blue Bird menyatakan telah memiliki armada kendaraan listrik sebanyak 60 unit di Jakarta-Bali. Andre juga menyebut menyediakan mobil listrik tersebut juga akan disediakan untuk agenda Presidensi G20.

"Terkait kendaraan listrik juga kita mengejar juga G20 kita juga melihat delivery tersebut, karena kita untuk menyediakan transportasi di G20," lanjutnya.

Sementara penyediaan armada total, ditargetkan bisa membeli kendaraan sebanyak 4.000 sampai 5.000 unit mobil. Hingga Juli ini baru sebanyak 800 unit kendaraan yang dibeli untuk tahun ini.

"Mayoritas untuk mobil taxi. Kita optimis setidaknya bisa menambah 4.000 unit sampai 5.000 unit kalau bisa. Sebagian kita akan lakukan peremajaan," ungkapnya.

"Itu kalau bisa karena kalau ada gangguan ekonomi yang lain, kami akan sesuaikan jumlah dari situ," tambahnya.

Sebagai informasi, Blue Bird merupakan katalis dalam penerapan armada listrik untuk layanan taksi. Dimulai dengan peluncuran 25 unit BYD E6 A/T dan 4 unit Tesla Model X 75D sejak tahun 2019 di Jakarta.

Jumlah armada mobil yang dimiliki oleh Bluebird mencapai lebih dari 24.000 unit, sementara untuk armada mobil listriknya mencapai 60 unit, 30 unit untuk taksi dan 30 unit untuk rental.

Hingga saat ini, totalnya ada empat (4) model mobil listrik Bluebird, yaitu Tesla X 75D untuk e-Silverbird, BYD E6 dan BYD T3 untuk e-Bluebird serta Hyundai Ionic dan Kona untuk kendaraan sewa jangka panjang Golden Bird.



Simak Video "Masyarakat Mulai Tertarik Kendaraan Listrik, Ini Faktor Penyebabnya"
[Gambas:Video 20detik]
(das/das)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT