Jurus COZ! Atasi Limbah Rokok Elektrik Sekali Pakai

ADVERTISEMENT

Jurus COZ! Atasi Limbah Rokok Elektrik Sekali Pakai

Dea Duta Aulia - detikFinance
Selasa, 27 Sep 2022 12:04 WIB
Tarif cukai & harga jual eceran rokok 2022
Foto: Dok. Istimewa
Jakarta -

Dari masa ke masa, teknologi terus mengalami perkembangan tidak kecuali sektor industri rokok elektrik. Sejumlah produsen rokok elektrik berlomba-lomba melahirkan produk terbarunya.

Salah satunya yakni PT Generasi Juara 89 (COZ!) yang menghadirkan rokok elektrik dengan konsep sekali pakai atau disposable. Direktur Operasional COZ! Charles Tanjoeng mengatakan kehadiran inovasi ini untuk lebih memeriahkan industri tersebut. Mengingat industri rokok elektrik memiliki sejumlah pilihan.

"Karena menurut saya sekali pakai ini semua bisa jualan. Mereka mencari easy to use. Sekarang targetnya milenial anak muda," kata Charles saat ditemui di acara Launching COZ! di Jakarta, Senin (26/9/2022).

Kehadiran inovasi tersebut tentu akan menghadirkan polemik baru terkait sampah. Meskipun begitu, ia menuturkan sejumlah aspek telah dipikirkan oleh pihaknya yakni terkait sampah dari produk tersebut. Menurutnya, mereka memiliki cara tersendiri untuk mengelola sampah rokok sekali pakai.

Caranya dengan mengajak para pengguna untuk mengumpulkan rokok sekali pakai mereka. Agar para pengguna lebih semangat mereka akan sedikit diberikan hadiah. Tak hanya itu, para penjual atau vape store mereka juga akan difasilitasi dengan box khusus untuk menampung limbah tersebut.

"Mereka bawa 20 rokok elektrik sekali pakai (bekas) akan kami berikan satu yang baru," kata Charles.

Hilir dari limbah tersebut, lanjutnya, akan dikumpulkan untuk diolah lebih lanjut. Sehingga sampah dari industri ini bisa dikendalikan dan lingkungan tetap terjaga.

"Jadi kami akan mengumpulkan limbah rokok sekali pakai dan diolah untuk di-recycle," katanya.

Charles menuturkan kehadirkan produk anyar tersebut tidak terlepas dari dukungan J99 Vape. Menurutnya, J99 membantu mereka dalam sektor manufaktur.

"J99 hanya bantu manufaktur saja karena mereka sudah punya pabrik sendiri," katanya.

Sementara itu, Founder J99 Corp Gilang Widya Pramana menuturkan hal serupa. Ia mengatakan langkah ini hanya untuk membantu teman dan tidak ada hubungan bisnis. Pasalnya PT Generasi Juara 89 bukan merupakan anak usaha dari J99 Vape.

"Aku support aku aja penempelan pita cukainya dari kami tapi semuanya dari COZ!. Jadi kita hanya support as a friend," tutup Gilang.

(ads/ads)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT