Jokowi Resmikan Pembangunan Pabrik Pipa Terbesar di Asia Tenggara

ADVERTISEMENT

Jokowi Resmikan Pembangunan Pabrik Pipa Terbesar di Asia Tenggara

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Senin, 03 Okt 2022 16:35 WIB
Jokowi Resmikan Pembangunan Pabrik Pipa Terbesar Asia Tenggara
Foto: Jokowi Resmikan Pembangunan Pabrik Pipa Terbesar Asia Tenggara (Herdi Alif Al Hikam/detikcom)
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan pembangunan pabrik pipa terbesar di Asia Tenggara yang dibuat oleh Wavin Group asal Belanda. Pabrik ini dibangun di Kawasan Industri Terpadu (KIT) Batang, Jawa Tengah.

Jokowi memaparkan investasi Wavin merupakan bukti Indonesia masih jadi incaran investasi perusahaan internasional. Dia bersyukur Wavin masih mau mempercayakan investasinya di KIT Batang.

"Saya ucapkan terima kasih ke Wavin, dan Orbia yang berikan kepercayaannya ke Indonesia. Karena tidak mudah dapatkan kepercayaan dari sebuah investasi, begitu sebuah negara dicap tidak baik untuk investasi, nggak akan yang mau datang," ungkap Jokowi dalam peresmian groundbreaking pabrik pipa Wavin di KIT Batang, Jawa Tengah, Senin (3/10/2022).

"Kalau sudah nggak ada yang mau datang barang barang harus kita impor dari luar," sebutnya.

Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia menambahkan pabrik Wavin yang dibangun di Batang merupakan pabrik terbesar di Asia Tenggara. Bahkan, rencananya kapasitas produksi pabrik ini menjadi yang terbesar di dunia.

"Ini salah satu pabrik pipa terbesar di Asia Tenggara yang dilakukan Wavin. Ini pabrik pertama mereka yang gede sekaligus, malah produksinya dalam perencanaannya jadi salah satu yang terbesar di dunia," sebut Bahlil.

Selain itu, Bahlil bilang pabrik pipa ini jika sudah produksi, pipa yang dihasilkan akan menjadi substitusi impor. Pasalnya selama ini Indonesia masih banyak mengimpor pipa, salah satunya produksi Wavin di negara lain.

"Pipa selama ini kita impor, produk Wavin ini 80% dipakai di Indonesia. Pembangunan pabrik produksinya untuk memenuhi kebutuhan Indonesia dan Asia Pasifik," ungkap Bahlil.

(hal/dna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT