Bangun Pabrik Baterai Mobil Listrik, MIND ID Gandeng Perusahaan Asal Inggris

ADVERTISEMENT

Bangun Pabrik Baterai Mobil Listrik, MIND ID Gandeng Perusahaan Asal Inggris

Anisa Indraini - detikFinance
Kamis, 06 Okt 2022 18:45 WIB
Baterai mobil listrik
Baterai mobil listrik/Foto: Ridwan Arifin
Jakarta -

MIND ID menggandeng produsen kendaraan listrik dari Inggris Arrival Ltd untuk membangun pabrik mikro baterai dan mengembangkan kendaraan listrik (electric vehicle/EV) di Indonesia.

Hal itu disampaikan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir melalui akun Instagram resmi miliknya, Kamis (6/10/2022). Ini merupakan salah satu hasil dari kunjungan kerjanya ke Inggris.

"Kali ini BUMN lewat MIND ID menggandeng Arrival Ltd, produsen kendaraan listrik dari Inggris untuk membangun pabrik mikro baterai dan mengembangkan kendaraan listrik (EV) di Indonesia," kata Erick.

Erick menyebut BUMN terus mendorong hilirisasi sumber daya alam untuk meningkatkan nilai jual komoditas dan membuka lebih banyak lapangan pekerjaan di dalam negeri. Hal ini sesuai arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Dengan adanya kolaborasi ini, Erick berharap bahwa Indonesia bisa menjadi produsen utama baterai untuk kendaraan listrik di kawasan Asia Tenggara.

Kepada Arrival Ltd, Erick menjelaskan bahwa Indonesia memiliki 3 hal positif yakni pasar yang besar, sumber daya alam melimpah, serta ekonomi diklaim akan tumbuh 5% setiap tahun sampai 2045.

"Sebagai negara non-blok, memiliki sumber daya alam melimpah dan pasar yang besar, Indonesia memiliki nilai tambah untuk berkolaborasi," tuturnya.



Simak Video "Pabrik Alumunium di Medan ini Tidak Mengeluarkan Asap Limbah, Kok Bisa?"
[Gambas:Video 20detik]
(aid/zlf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT