Vaksin Indovac Dijamin Halal!

ADVERTISEMENT

Vaksin Indovac Dijamin Halal!

Tim detikcom - detikFinance
Kamis, 13 Okt 2022 13:00 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir.
Foto: Wisma Putra/detikJabar
Jakarta -

Menteri BUMN Erick Thohir meluncurkan Vaksin Indovac hari ini. Vaksin untuk melawan virus COVID-19 ini dikembangkan oleh BUMN PT Bio Farma yang bekerja sama dengan Baylor College of Medicin.

"Vaksin Indovac adalah vaksin rekombinan protein subunit yang diproduksi oleh Bio Farma. Vaksin sudah melewati penelitian uji klinis fase 1, 2, dan 3 dan terbukti aman, memiliki kualitas dan memiliki efikasi tinggi setara dengan vaksin pembanding di atas 80%," kata Erick, Kamis (13/10/2022).

"Vaksin telah mendapat EUA dari BPOM untuk vaksin primer usia 18 tahun ke atas. Vaksin ini memenuhi kriteria Jaminan Produk Halal sehingga sudah mendapat fatwa halal MUI dan sertifikat halal dari BPJPH," tambahnya.

Erick menambahkan, saat ini sedang dalam penyelesaian uji klinis booster dewasa dan memulai uji klinis untuk anak. Kapasitas saat ini 20 juta dosis tahun 2022 dan akan meningkat 40 juta dosis di tahun mendatang dan meningkat sesuai kebutuhan sampai dengan 120 juta dosis.

"Dengan kapasitas tersebut Bio Farma sedang dalam proses EUL WHO agar dapat berkontribusi memenuhi kebutuhan global vaksin COVID-19," ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, PresidenJokoWidodo (Jokowi) mengapresiasi kerja keras para peneliti selama satu setengah tahun ke belakang, yang membuat vaksinCOVID-19 dari hulu hingga hilir.

"Inilah saya kira sebuah kerja keras SDM muda kita dalam menggarap sebuah vaksin baru dari hulu sampai hilir, memakan waktu satu setengah tahun, diam-diam, tahu-tahu jadi Indovac," beber Jokowi.

Dalam kesempatan serupa, Jokowi menyoroti kemampuan Bio Farma yang bisa memproduksi 3 miliar dosis vaksin dalam setahun hingga diekspor ke 153 negara. Termasuk vaksin polio hingga campak.

"Untuk vaksin polio saja bio farma ini menguasai 7% dari bangsa pasar dunia, mensuplai vaksin polio ke seluruh negara, ini kan luar biasa," kata Jokowi.

Simak video 'Jokowi Luncurkan IndoVac, Vaksin Covid-19 Buatan Dalam Negeri':

[Gambas:Video 20detik]



(ang/ang)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT