Kuliah di Sini Gratis, Lulus Berpeluang Kerja di Lotte-Asahimas

ADVERTISEMENT

Kuliah di Sini Gratis, Lulus Berpeluang Kerja di Lotte-Asahimas

M Iqbal - detikFinance
Rabu, 19 Okt 2022 20:15 WIB
SBMPN politeknik
Ilustrasi/Foto: situs SBMPN
Cilegon -

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) mendirikan Politeknik Petrokimia Banten di Anyer, Kabupaten Serang. Kuliahnya gratis dan lulus langsung bisa kerja.

Politeknik Petrokimia Banten sudah beroperasi sekitar 2 bulan usah diresmikan pada April 2022 lalu. Pendaftaran pertama dibuka pada Juli 2022, pada pembukaan pendaftaran pertama, sekitar 2 ribu lebih pendaftar ikut seleksi administrasi.

"Pendaftar 2.300, lulus ujian 125 dengan 3 prodi (program studi)," kata Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Industri Kemenperin, Arus Gunawan di Anyer, Rabu (19/10/2022).

Arus mengatakan ada 13 industri yang sudah melakukan perjanjian kerja sama dengan Politeknik Petrokimia Banten di antaranya ialah PT Chandra Asri Petrochemical, PT Lotte Chemical Titan, dan PT Asahimas Petrochemical.

Ketiga pabrik ini diketahui sebagai industri petrokimia terbesar di Banten yang berlokasi di Cilegon.

Mahasiswa angkatan pertama ini, kata Arus berjumlah 125 yang terbagi dalam 3 program studi yakni Teknologi Mesin Industri Petrokimia, Teknologi Instrumentasi Teknologi Kimia, dan Teknologi Proses Industri Petrokimia.

"Dari mahasiswa sekarang sudah mempunyai job sendiri-sendiri, untuk mahasiswa yang masuk sini merupakan mahasiswa beasiswa yang uang kuliahnya gratis," katanya.

Setelah menempuh pendidikan selama 3 tahun atau lulus Diploma Tiga. Mahasiswa ini akan langsung ditempatkan di perusahaan sesuai dengan kontrak awal ketika mereka diterima di Politeknik Petrokimia Banten.

"Semua yang dari lulusan ini kita harapkan dicaplok oleh perusahaan. Di sini memang agak berbeda dengan kampus lain, lulus dapat ijazah dan sertifikasi sekaligus skill," katanya.

Kemenperin akan membuka pendaftaran mahasiswa baru menyesuaikan permintaan dari industri. Jika permintaan lebih banyak, maka pemerintah akan menyesuaikan hal tersebut.

(bal/hns)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT