Adaro Minerals Siap Pasok Alumunium buat Hyundai

ADVERTISEMENT

Adaro Minerals Siap Pasok Alumunium buat Hyundai

Danang Sugianto - detikFinance
Minggu, 13 Nov 2022 23:00 WIB
Gedung Adaro, Jl Rasuna Said Jakarta
Foto: Ari Saputra
Jakarta -

Hyundai Motor Company dan PT Adaro Minerals Indonesia Tbk (AMI) menandatangani nota kesepahaman terkait jaminan pasokan aluminium. Nantinya, pasokan alumunium ini dipenuhi melalui PT Kalimantan Alumunium Industry (KAI).

Acara penandatanganan nota kesepahaman ini dilakukan di sela-sela pertemuan B20 di Bali Nusa Dua Convention Center. Penandatanganan dilakukan oleh Jaehoon Chang, Presiden dan CEO Hyundai Motor Company dan Garibaldi Thohir, Presiden Komisaris Adaro Minerals Indonesia.

"Hyundai Motor Company telah mulai mengoperasikan pabriknya di Indonesia serta aktif bekerja sama dengan Indonesia di berbagai bidang di mana perusahaan dapat bersinergi dalam industri otomotif ke depannya, misalnya dengan berinvestasi di perusahaan patungan yang memproduksi sel baterai," kata Jaehoon Chang dalam keterangan tertulis, Minggu (13/11/2022).

"Kerja sama smelter aluminium ini juga diharapkan akan memperkuat hubungan kerja sama antara Hyundai Motor Company dan Indonesia dengan sinergi yang lebih kuat," katanya.

Adapun poin penting dalam kerja sama ini meliputi produksi dan pasokan aluminium yang diproduksi KAI dan HMC berhak untuk membeli aluminium yang diproduksi KAI pada tahap awal, dan kemudian negosiasi pertama mengenai pembelian aluminium rendah karbon yang diproduksi KAI di masa mendatang (volume offtake yang belum ditentukan pada kisaran sekitar 50 ribu TPA sampai 100 ribu TPA).

Presiden Direktur Adaro Minerals Indonesia,Ch ristian Ariano Rachmat, mengatakan, kerja sama ini mencerminkan kepercayaan investor terhadap hilirisasi mineral Indonesia.

"Kerja sama ini mencerminkan kepercayaan investor terhadap proses hilirisasi mineral Indonesia di kawasan industri hijau terbesar dunia yang berlokasi di Kalimantan Utara. Dengan dukungan seluruh pemangku kepentingan dan Hyundai Motor Company yang memiliki rekam jejak, pengalaman, dan teknologi mutakhir untuk kendaraan listrik, kami berharap untuk mencapai tanggal operasi komersial (COD) pada kuartal pertama 2025 dan memproduksi aluminium sebanyak 500.000 TPA pada tahap awal," paparnya.

Kalimantan Aluminum Industry (KAI) merupakan perusahaan yang secara mayoritas dimiliki oleh PT Adaro Indo Aluminum (AIA). Adaro Indo Aluminum juga merupakan perusahaan yang secara mayoritas dimiliki oleh Adaro Minerals Indonesia.

(das/dna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT