ADVERTISEMENT

KTT G20

Segini Harga Mobil Listrik Antipeluru yang Dipakai Jokowi di KTT G20 Bali

Ignacio Geordi Oswaldo - detikFinance
Rabu, 16 Nov 2022 13:56 WIB
Jokowi naik mobil listrik di KTT G20
Jokowi naik mobil listrik di KTT G20/Foto: Youtube Kemkominfo TV
Jakarta -

Sejumlah petinggi negara yang menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali membawa mobil kepresidenannya sendiri untuk alasan keamanan. Sebut saja Presiden Amerika Serikat Joe Biden yang membawa The Beast dan Presiden China Xi Jinping yang membawa mobil kepresidenan Hongqi N701.

Namun, berbeda dengan sejumlah pemimpin negara lainnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) tidak menggunakan mobil antipeluru yang biasa dipakai sebagai kendaraan dinas. Biasanya, Jokowi menumpangi Mercedes-Benz S 600 Guard yang memang sudah dibekali perangkat antipeluru bahkan tahan terhadap ledakan.

Tapi, di KTT G20 di Bali, Jokowi menggunakan mobil listrik. Bicara soal mobil listrik yang ditunggangi Jokowi di Bali, Genesis G80 Electrified merupakan mobil listrik premium buatan Hyundai. Namun mobil yang bisa menempuh 500 km ini belum memiliki fitur antipeluru.

PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) tercatat menyumbang 131 unit Genesis G80 versi listrik, yang mana 44 unit di antaranya merupakan varian Long Wheelbase. Mobil ini didatangkan secara utuh dari Korea Selatan.

Sebagai informasi, Genesis adalah merek otomotif mewah global dari Hyundai Motor Group yang memberikan standar tinggi dalam hal performa, desain, keamanan, dan inovasi. Beberapa model Genesis antara lain G90, G80. G70, GV60, GV70, dan GV80.

Sebagai kendaraan mewah jangan heran kalau G80 dibanderol di atas setengah miliar. Lantas berapa harga mobil listrik yang ditunggangi Jokowi ini?

Berdasarkan catatan detikcom, dalam laman Badan Pendapatan Daerah Pemprov DKI Jakarta tertera informasi Nilai Jual Kendaraan Bermotor (NJKB) Genesis G80 EV AWD dibanderol Rp 630 juta. Tentu saja harga tersebut belum ditambah pajak lain alias off the road.

Dikutip pada laman Hyundaimobil.co.id, Genesis G80 dibekali baterai lithium-ion berkapasitas 87,2 kWh, mobil ini memiliki 2 motor listrik yang diletakkan di bagian depan dan belakang. Dalam kata lain, Genesis G80 ini memiliki sistem penggerak semua roda alias e-AWD.

Performa sedan mewah ini dirasa turut mendukung mobilitas kesibukan para pejabat. Sebab masing-masing motor listrik Genesis G80 memiliki tenaga 185 PS. Sehingga ketika ditotalkan, mobil ini memiliki tenaga sekitar 370 Ps.

Lebih impresif lagi adalah figur torsinya. Karena, masing-masing motor listrik bisa menghasilkan torsi 350 Nm. Alhasil, Genesis G80 Electrified memiliki total torsi 700 Nm. Lewat bekal performa tersebut, Genesis G80 Electrified bisa berakselerasi dari 0 ke 100 Km/jam dalam waktu 4.9 detik.

Genesis G80 Electrified bisa menempuh jarak hingga 427 Km. Jarak ini bisa ditempuh karena beberapa hal, seperti kapasitas baterai, kemampuan regenerative braking, serta panel surya pada atap mobil. Panel surya ini sanggup mengisi daya baterai voltase tinggi dan voltase rendah sehingga bisa menambah jarak tempuh dan mencegah baterai habis total.

Untuk mengisi ulang daya, pada pengisian daya rapid charging 800V, mengisi daya dari 10% ke 80% hanya perlu waktu 22 menit saja. Pada kondisi pengecasan normal, mengisi dari 10% ke 100% memerlukan waktu 9 jam.

Uniknya, Genesis G80 Electrified memiliki fitur V2L (Vehicle-to-Load) yang artinya mobil bisa memberikan daya 220V kepada alat listrik lain. Bahkan, mobil ini bisa mengisi daya kendaraan listrik lain yang lebih kecil, misalnya motor listrik

Lihat juga video 'Setelah Dipakai KTT G20, Mobil Listrik Toyota bZ4X Akan Dijual?':

[Gambas:Video 20detik]



(fdl/fdl)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT