Seloroh BKS ke Moeldoko yang Punya Pabrik Kendaraan Listrik

ADVERTISEMENT

Seloroh BKS ke Moeldoko yang Punya Pabrik Kendaraan Listrik

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Minggu, 20 Nov 2022 10:45 WIB
Budi Karya, Moeldoko hingga Heru Budi Sunmori Naik Motor Listrik Konversi
Foto: Budi Karya, Moeldoko hingga Heru Budi Sunmori Naik Motor Listrik Konversi/Herdi Alhikam-detikcom
Jakarta -

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyatakan Presiden Joko Widodo sudah menugaskan dirinya dan jajaran menteri untuk ikut melakukan pengadaan kendaraan listrik. Menurutnya, hal ini jadi komitmen pemerintah untuk mendorong penuh penggunaan kendaraan listrik di Indonesia.

Dalam acara sosialisasi konversi kendaraan listrik yang juga dihadiri Menteri ESDM Arifin Tasrif, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, dan Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono, Budi Karya mengabsen satu per satu pejabat apakah sudah memiliki kendaraan listrik atau belum.

"Kebanggaan, ide pak presiden ev itu keharusan, udah ada Inpres-nya. Nanti di KL mesti beli dong," ungkap Budi Karya dalam acara sosialisasi yang digelar di Bundaran HI, Jakarta Pusat, Minggu (20/11/2022).

Budi Karya pun bertanya kepada Heru Budi dan Arifin Tasrif apakah sudah membeli kendaraan listrik atau belum. Saat bertanya ke Moeldoko dia justru berseloroh bila mantan Panglima TNI tersebut tak perlu ditanya lagi karena sudah memiliki pabrik kendaraan listrik.

"Pak Heru harus beli, bapak (Arifin Tasrif) udah beli? Nah kalau Pak Moeldoko sih sudah punya pabriknya dia," kata Budi Karya.

Pernyataannya itu disambut dengan senyum di wajah Moeldoko. Perlu diketahui, Moeldoko sendiri memang memiliki perusahaan pabrikan kendaraan listrik bernama PT MAB yang memiliki kepanjangan Mobil Anak Bangsa (MAB).

Dalam catatan detikcom, MAB kebanyakan membuat kendaraan listrik berupa bus. Paling baru dia menyatakan MAB akan meluncurkan angkot hingga truk sampah.

Di jagat industri kendaraan listrik pun Moeldoko bukan orang sembarangan. Selain punya PT MAB, Moeldoko juga merupakan Ketua Umum Perkumpulan Industri Kendaraan Listrik Indonesia (Periklindo).

Sebagai tambahan informasi, Presiden Joko Widodo belum lama ini menerbitkan Inpres Nomor 7 Tahun 2022 tentang Penggunaan Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (Battery Electric Vehicle) sebagai Kendaraan Dinas Operasional dan/atau Kendaraan Perorangan Dinas Instansi Pemerintah Pusat. Inpres tersebut meminta semua kementerian dan lembaga mulai menggunakan kendaraan listrik untuk kendaraan dinas.



Simak Video "Aksi Menhub Hingga Heru Budi Naik Motor Listrik ke Bundaran HI"
[Gambas:Video 20detik]
(hal/zlf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT