Beli Motor Listrik di RI Bakal Dapat Subsidi Rp 6,5 Juta!

ADVERTISEMENT

Beli Motor Listrik di RI Bakal Dapat Subsidi Rp 6,5 Juta!

Almadinah Putri Brilian - detikFinance
Rabu, 30 Nov 2022 10:58 WIB
Jakarta -

Pemerintah bakal memberikan subsidi untuk pembelian kendaraan listrik. Hal ini diungkapkan oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan dalam acara "Welcoming Stronger Investment Post-Pandemic" yang diadakan Permata Bank, Selasa (29/11/2022) kemarin.

"Makanya ini segera kita luncurkan dengan subsidi. Misalnya motor ini kita lagi finalisasi berapa juta kita mau kasih subsidi, mungkin sekitar Rp 6 juta. Di Thailand mungkin subsidi Rp 7 juta, di kita mungkin sekitar Rp 6,5 juta," ucap Luhut dikutip dari YouTube resmi PermataBank, Rabu (30/11/2022).

Selain sepeda motor, Luhut juga mengungkapkan bahwa pemerintah juga berencana untuk memberikan subsidi pembelian mobil listrik.

"Mobil juga kita kasih subsidi karena dia tidak akan membeli bensin lagi. Tetap akan lebih untung menggunakan sepeda motor listrik daripada sepeda motor (menggunakan bahan bakar) fosil, begitu juga mobil," lanjutnya.

Selain itu, Luhut juga mengungkapkan bahwa pemerintah sedang mempersiapkan konversi atau tukar mesin sepeda motor dengan sepeda motor listrik.

Luhut mengatakan dengan menggunakan kendaraan listrik, nantinya kualitas udara akan menjadi lebih baik karena tidak ada lagi asap-asap dari transportasi mobil dan motor.

Sebelumnya, pemerintah tengah menyiapkan insentif khusus untuk memperbanyak penggunaan kendaraan listrik. Salah satu insentif yang disiapkan adalah memberikan subsidi potongan harga.

Selain subsidi potongan harga, pemerintah juga sedang berupaya untuk membuat harga konversi jadi lebih murah. Skema insentif berupa subsidi sedang dipersiapkan pemerintah agar bisa membuat konversi kendaraan listrik bisa jauh lebih murah.

(zlf/zlf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT