Luhut Sebut Beli Motor Listrik Disubsidi Rp 6,5 Juta, Menperin: Alhamdulillah!

ADVERTISEMENT

Luhut Sebut Beli Motor Listrik Disubsidi Rp 6,5 Juta, Menperin: Alhamdulillah!

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Rabu, 30 Nov 2022 18:13 WIB
Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita beri arahan CPNS Kemenperi/Dok Kemenperin
Foto: Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita beri arahan CPNS Kemenperi/Dok Kemenperin
Jakarta -

Pembelian motor listrik di Indonesia digadang-gadang bakal mendapatkan subsidi sekitar Rp 6 juta sampai Rp 6,5 jutaan. Hal ini diungkapkan langsung oleh Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan.

Di sisi lain, menurut Menteri Perindustrian Agus Gumiwang subsidi dari negara untuk kendaraan listrik masih akan melihat kemampuan dan ruang fiskal dari Kementerian Keuangan selaku bendahara negara. Termasuk untuk memberikan subsidi untuk motor dan mobil listrik.

"Kalau ada subsidi dari negara, dari negara atau Kemenkeu ada space fiscal untuk itu ya Alhamdulillah," ungkap Agus ditemui di Hotel Grand Hyatt, Jakarta Pusat, Rabu (30/11/2022).

Menurutnya, Kementerian Keuangan menjadi pihak yang bakal menentukan apakah subsidi bisa diberikan atau tidak. Mengenai kemungkinan subsidi, dia bilang pihaknya mendukung saja apabila ingin diusulkan.

"Kan kebijakan fiskal ada di Kemenkeu, ya kami mengusulkan," ujar Agus.

Sebelumnya, Menko Luhut menyatakan pemerintah berencana memberikan subsidi berupa potongan harga untuk pembelian motor listrik. Besarannya menurut Luhut bisa mencapai Rp 6,5 juta.

Menurutnya, jumlah itu tak jauh-jauh berbeda dengan subsidi yang ditetapkan di beberapa negara tetangga Indonesia.

"Makanya ini segera kita luncurkan dengan subsidi. Misalnya motor ini kita lagi finalisasi berapa juta kita mau kasih subsidi, mungkin sekitar Rp 6 juta. Di Thailand mungkin subsidi Rp 7 juta, di kita mungkin sekitar Rp 6,5 juta," ucap Luhut dikutip dari YouTube resmi PermataBank.

Selain sepeda motor, Luhut juga mengungkapkan bahwa pemerintah juga berencana untuk memberikan subsidi pembelian mobil listrik.

"Mobil juga kita kasih subsidi karena dia tidak akan membeli bensin lagi. Tetap akan lebih untung menggunakan sepeda motor listrik daripada sepeda motor (menggunakan bahan bakar) fosil, begitu juga mobil," lanjut Luhut.

Simak Video 'Siap-siap! Bakal Ada Subsidi Rp 6,5 Juta Buat yang Beli Motor Listrik':

[Gambas:Video 20detik]



(hal/zlf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT