Pabrik Garmen Asal Vietnam Mau Pindah ke RI, Ini Lokasi yang Diincar

ADVERTISEMENT

Pabrik Garmen Asal Vietnam Mau Pindah ke RI, Ini Lokasi yang Diincar

Ilyas Fadilah - detikFinance
Rabu, 04 Jan 2023 18:30 WIB
Bendera Vietnam
Ilustrasi Bendera Vietnam/Foto: (iStock)
Jakarta -

Pabrik garmen di Vietnam disebut akan pindah ke Indonesia. Hal ini diungkapkan langsung Head of Research Colliers Indonesia Ferry Salanto.

Ferry menyebut industri wilayah Indonesia cukup menarik. Pertimbangannya adalah ketersediaan lahan serta faktor tenaga kerja.

"Industri garmen di Vietnam, mereka jenuh. Ada pertimbangan tenaga kerja di sini lebih menarik, lahan tersedia luas, ada potensi relokasi atau ekspansi ke Indonesia," katanya dalam virtual media briefing Colliers, Rabu (4/1/2023).

Sementara itu, Senior Associate Director Colliers Indonesia Freddy Hidayat menyebut Jawa Tengah menjadi daerah yang dilirik.

"Di Indonesia dari harga bahan baku dan gaji, Indonesia lebih kompetitif, terutama Jawa Tengah. Apalagi Indonesia mengembangkan kawasan di Batang. Itu jadi insentif industri garmen masuk ke Indonesia," katanya.

Sebagai informasi, UMP Jawa Tengah 2023 ditetapkan Rp 1.958.169,69. Jumlah ini naik 8% dari sebelumnya yang sebesar Rp 1.812.935.

Namun ia belum bisa merinci jumlah dan perusahaan apa saja yang bakal relokasi. Namun Ferry menyebut ini sudah menjadi bagian dari rencana jangka panjang mereka.

"Untuk berapa banyaknya belum bisa bilang. Ini masih dalam plan mereka, plan jangka panjang mereka," tuturnya.

Lihat juga Video: Penampakan Kobaran Api yang Melahap Pabrik Garmen di Jakbar

[Gambas:Video 20detik]



(ara/ara)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT