Top! Sepatu Buatan Katapang Bandung Dipakai Tentara Brunei

ADVERTISEMENT

Top! Sepatu Buatan Katapang Bandung Dipakai Tentara Brunei

Ilyas Fadhillah - detikFinance
Rabu, 18 Jan 2023 14:00 WIB
Pabrik sepatu
Foto: Ilyas Fadhillah-detikcom
Bandung -

Industri Kecil dan Menengah (IKM) asal Bandung, PT Venamon menjadi salah satu produsen sepatu terkemuka. Produk dari PT Venamon bahkan tembus pasar ekspor dan digunakan oleh militer beberapa negara.

Salah satunya adalah ke Brunei Darussalam. Direktur PT Venamon Henny Setiadi menyebut sepatu produksinya digunakan angkatan darat Brunei.

"Di Brunei itu arm force, angkatan daratnya. Tapi nggak langsung ke kita (pesannya), mereka (distributor) yang dapat pekerjaan pesannya ke kita," katanya saat ditemui di PT Venamon, di Katapang, Kabupaten Bandung, Rabu (18/1/2023).

Henny menjelaskan untuk pemesanan sepatu militer harus melalui badan usaha di negara tersebut. Nantinya badan tersebut lah yang bekerja sama dengan PT Venamon.

"Lokal di sana (luar negeri) kita bekerja sama dengan kita. Brunei, Amerika Serikat (AS), kita juga sedang jalan juga dengan Malaysia," jelasnya.

Menurutnya pemesanan sepatu militer tidak bisa langsung ke PT Venamon, melainkan harus melalui distributor.

"Yang di AS itu adalah distributor, mereka ada toko peralatan seragam pesan kekita. Tapi kalau militernya langsung ke kita pasti nggak bisa," imbuhnya.

Adapun jenis sepatu yang diekspor ke masing-masing negara berbeda. Sepatu yang diekspor ke AS adalah Oxford Dress Shoes, ke Brunei DMS Boot, ke Malaysia Combat Boot, dan ke Afrika adalah Desert Boot.

Untuk pasar nasional, sepatu PT Venamon juga dipasok ke berbagai institusi seperti TNI AU, TNI AD, Polda Jabar, Polda Sulawesi Utara, Polda Sulawesi Tengah, Polda Maluku, dan lainnya.

Lihat juga video 'Ampas Kopi Disulap Jadi Sepatu Kets Keren, Emang Bisa?':

[Gambas:Video 20detik]



(zlf/zlf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT