Bio Farma Mau Bikin Pabrik Serbaguna di Karawang, Begini Rencananya

ADVERTISEMENT

Bio Farma Mau Bikin Pabrik Serbaguna di Karawang, Begini Rencananya

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Selasa, 24 Jan 2023 17:05 WIB
vaksin dan robotik
Ilustrasi Pabrik Farmasi (Foto: istimewa)
Jakarta -

PT Bio Farma (Persero) yang menjadi induk holding Farmasi BUMN berencana membangun sebuah pabrik farmasi besar di Karawang. Pabrik ini akan menjadi fasilitas produksi dan juga balai teknologi bagi industri farmasi di Indonesia.

Direktur Utama Bio Farma Honesti Basyir menjelaskan pabrik ini akan dibangun dengan standar internasional setingkat Badan Pengawasan Obat dan Makanan di Amerika Serikat, Food and Drug Administration (FDA).

"Kami berencana membangun fasilitas produksi baru, ini juga akan menjadi balai teknologi dan kami bangun dengan standar tertinggi dari produk produk kesehatan farmasi. Kita akan comply ke US FDA standard," ungkap Honesti dalam rapat kerja dengan Komisi VI DPR, Selasa (24/1/2023).

Menurutnya, dengan standar FDA, produksi farmasi yang dibuat Bio Farma bukan hanya bisa digunakan di dalam negeri namun juga siap untuk diekspor.

"Jadi produk kami nanti bukan hanya untuk kebutuhan di Indonesia, tapi juga eksportasi ke berbagai negara," ujar Honesti.

"Kita mau produk kita masuk ke pasar manapun di dunia," lanjutnya.

Pabrik tersebut rencananya bukan hanya memproduksi vaksin untuk berbagai macam penyakit saja, melainkan juga beberapa produk pengobatan baru yang berkaitan dengan tren penyakit di masa mendatang.

Honesti menjelaskan pihaknya sudah menyiapkan lahan di Karawang seluas 2,7 hektare. Pihaknya masih mempersiapkan pabrik ini, rencananya bila semua berjalan sesuai target di kuartal II mendatang akan melakukan groundbreaking.

Sementara itu rencananya, fasilitas ini akan selesai dibangun di tahun 2026. Untuk beberapa tahun pertama pabrik ini beroperasi, pihaknya bakal menggandeng beberapa perusahaan besar untuk transfer teknologi.

"Semua produk akan di-develop sendiri dan kami akan berpartner dengan perusahaan besar farmasi yang mereka mau berikan transfer teknologi jadi kita bisa shortcut process untuk penelitian dan pengembangan. Jadi sumber daya manusia kita juga berkualitas, produk bersaing, dan memperbaiki kinerja perusahaan sendiri," papar Honesti.

Lihat juga video 'Vaksin nOPV2 Buatan Bio Farma Efektif Tekan Virus Polio':

[Gambas:Video 20detik]



(hal/dna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT