Tesla Bakal Bangun Pabrik di Meksiko, di RI Gimana?

ADVERTISEMENT

Tesla Bakal Bangun Pabrik di Meksiko, di RI Gimana?

Anisa Indraini - detikFinance
Senin, 06 Mar 2023 16:27 WIB
Charger mobil listrik Tesla
Mobil Tesla. Foto: Getty Images
Jakarta -

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan masih optimistis jika Tesla akan berinvestasi di Indonesia. Meskipun, raksasa mobil listrik asal Amerika Serikat (AS) itu bakal bangun pabrik di Meksiko.

"Meksiko itu backyard AS jadi tentu mereka membangun di sana," kata Luhut dalam konferensi pers di kantornya, Jakarta Pusat, Senin (6/3/2023).

Luhut mengaku negosiasi pemerintah dengan Tesla masih berjalan. Sayangnya dirinya tidak bisa menjabarkan detail karena Indonesia terikat perjanjian kerahasiaan atau Non-Disclosure Agreement (NDA).

Luhut mendapatkan informasi bahwa Tesla berencana untuk membangun pabrik baru di Asia. Harapannya itu adalah Indonesia.

"Kalau dengan region ini mereka masih punya komitmen yang saya tahu, saya dengar itu 1 juta mobil. Apakah nanti ke Indonesia, kita liat beberapa hari ke depan ini," tuturnya.

Sebelumnya Luhut menyebut ada kemungkinan kemajuan investasi Tesla usai pemerintah mengeluarkan kebijakan insentif kendaraan listrik. Pasalnya mereka mau lihat terlebih dahulu insentif yang diberikan Indonesia.

"Ada beberapa investor yang potensial masuk kemari karena kendala dari mereka masih ingin melihat Indonesia memberikan insentif yang sama atau tidak dengan negara yang memproduksi seperti ini," ucapnya.

Pemerintah sendiri sudah mengumumkan insentif kendaraan listrik berlaku per 20 Maret sampai Desember 2023. Itu disasar untuk 200 ribu unit motor listrik baru dan 50 ribu unit motor konversi listrik dengan besaran masing-masing Rp 7 juta/unit.

(aid/das)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT