Follow detikFinance
Jumat 09 Feb 2018, 18:42 WIB

Jokowi: Tol Padang-Pekanbaru Selesai 2023

Danang Sugianto - detikFinance
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah meresmikan ground breaking proyek tol Padang-Sicincin. Ruas tol tersebut merupakan bagian dari tol Padang-Bukit Tinggi-Pekan baru sepanjang 254,8 km.

Jokowi mengatakan, proyek yang digarap oleh PT Hutama Karya ini ditargetkan rampung pada 2023. Dengan begitu diharapkan dampak positif dari adanya proyek tersebut akan cepat dirasakan oleh masyarakat setempat.

"Insya Allah kalau dimulai awal 2018 mungkin selesai nya 2023," tuturnya di Padang, Sumatera Barat, Jumat (9/2/2018).

Pembangunan jalan tol Padang-Pekanbaru ini akan dilakukan dalam tiga tahap. Tahap I menghubungkan Padang-Sicincin sepanjang 28 km, tahap II menghubungkan Bangkinang-Pekanbaru sepanjang 38 km, dan tahap III menghubungkan Sicincin-Bangkinan sepanjang 189 km.

Proyek yang masuk dalam Trans Sumatera diperkirakan membutuhkan biaya investasi sebesar Rp 78,09 triliun dengan target penyelesaian selama lima tahun (2018-2023).

Menurut Jokowi, infrastruktur sangat dibutuhkan untuk mendorong perekonomian. Apalagi ini merupakan tol pertama yang ada di Sumatera Barat.

"Karena dengan infrastruktur inilah biaya transportasi biaya logistik akan jauh lebih murah. Kalau kita bersaing dengan Malaysia kita kalah karena biaya transportasi kita biaya logistik kita masih dua kali lipat mahalnya dengan Malaysia. Kalau dengan Singapura 3 kali lipat lebih mahal. Bagaimana produk-produk negara kita bisa bersaing," tegasnya.
(zlf/zlf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed