Boyu Capital Dikabarkan Mau IPO, Targetkan Raup US$ 6 Miliar

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Rabu, 24 Feb 2021 21:45 WIB
Imbas Virus Corona yang merebak dan menelan ratusan korban jiwa kini mulai menggoyang ekonomi China dan beberapa negara di Asia seperti Jepang. Pasar saham China pun ambruk sejak pembukaan perdagangan.
Foto: AP Photo
Jakarta - Salah satu perusahaan ekuitas yang merupakan investor Jack Ma's Ant Group, China Boyu Capital menargetkan bisa mengumpulkan US$ 6 miliar melalui penawaran saham perdana.

Dikutip dari Reuters Boyu tidak memberikan tanggapan terkait pernyataan tersebut.

Boyu merupakan perusahaan yang didirikan pada 2010 oleh Alvin Jiang, cucu mantan Presiden Jiang Zemin. Perusahaan ini berkantor di Beijing, Shanghai, Hong Kong dan Singapura.

Perusahaan juga sering kali berinvestasi di sektor konsumen dan ritel, keuangan, perawatan kesehatan, media dan teknologi.

Kemudian pada 2012 Boyu dikenal dengan investasi di Alibaba Group Holding Ltd yang membantu Ma membeli kembali separuh dari saham Yahoo! 40% di perusahaan e-commerce.

Namun seorang pejabat bank sentral menyebut IPO Ant ditangguhkan untuk melindungi konsumen dan investor. Padahal sebelumnya Ant telah menyetujui rencana restrukturisasi dengan regulator.

Boyu sebelumnya juga berinvestasi dalam penggalangan dana Ant sebesar US$ 4,5 miliar pada 2016 lalu. Kemudian 2018 kembali menggelontorkan dana US$ 14 miliar.


(kil/zlf)

Infografis Lainnya