Uni Eropa Guyur Rp 268 T ke Palestina yang Tak Sanggup Gaji Pegawai

Aulia Damayanti - detikFinance
Kamis, 04 Nov 2021 21:35 WIB
Sejumlah massa gelar aksi bela Palestina di Tangerang Selatan. Di tengah pelaksanaan aksi, massa tampak menginjak bendera Israel. Berikut penampakannya.
Foto: Andhika Prasetia/Detikcom
Jakarta - Pemerintah Uni Eropa (UE) telah mengirimkan uang sebanyak US$ 18,8 juta setara Rp 268,7 triliun (kurs Rp 14.294) kepada Pemerintah Palestina. Uang itu untuk membantu Palestina membayar gaji dan pensiunan pegawai di sana.

Berdasarkan keterangan dari Pemerintah UE, pegawai yang dibantu oleh UE yakni pegawai di sektor kesehatan dan pendidikan. Uang itu sudah ditransfer langsung ke Kementerian Keuangan Palestina. Demikian dikutip dari XinhuaNet, Kamis (4/11/2021).

Uang itu diberikan pemerintah UE, karena Palestina tengah mengalami krisis keuangan. Bahkan krisis ini disebut-sebut sudah mencapai titik puncak.

Pendapatan pemerintah Palestina telah dipukul keras oleh Israel yang mengurangi sebagian dari pendapatan pajak yang dikumpulkan.

Namun, pemerintah Israel mengklaim uang itu digunakan untuk membayar tunjangan kepada keluarga warga Palestina yang terbunuh dan tahanan.
(dna/dna)