Follow detikFinance
Senin 20 Nov 2017, 07:22 WIB

Tol Balikpapan-Samarinda Beroperasi Akhir 2018

Fadhly Fauzi Rachman - detikFinance
Tol Balikpapan-Samarinda Beroperasi Akhir 2018 Foto: Dok. Setpres.
Jakarta - Proyek pembangunan Jalan Tol Balikpapan-Samarinda dengan total panjang jalan tol 99,35 Km terus dilakukan. Hingga pertengahan November 2017, proyek yang dikelola oleh Anak Usaha Jasa Marga, PT Jasamarga Balikpapan Samarinda (PT JBS), menunjukkan progres positif.

Komisaris Utama PT Jasa Marga (Persero) Tbk, Refly Harun, optimistis jalan tol pertama di Kalimantan tersebut dapat beroperasi penuh di akhir tahun 2018 mendatang dan diharapkan dapat menjadi cikal bakal Trans Kalimantan.

"Di akhir tahun 2018, semoga kita sudah punya tol pertama di Kalimantan. Diharapkan jalan tol ini dapat dimanfaatkan tidak hanya oleh masyarakat di Balikpapan maupun Samarinda, tapi juga memberi manfaat untuk Pulau Kalimantan secara umum. Bahkan untuk ke depannya, Jalan Tol Balikpapan-Samarinda dapat menjadi cikal bakal Jalan Tol Trans Kalimantan," kata Refly dalam keterangan tertulisnya, Jakarta, Senib (20/11/2017).

Senada dengan Refly, Direktur Utama PT JBS Arie Irianto, turut menjelaskan progres positif proyeknya tersebut.

"Hingga pertengahan bulan November 2017 progres pembangunan fisik Jalan Tol Balikpapan-Samarinda mencapai 37,94%. Sedangkan untuk pembebasan lahan, proyek ini telah mencapai 83,40%," ujar Arie.

Refly Harun mengapresiasi percepatan yang dilakukan oleh PT JBS. Pasalnya, realisasi progres konstruksi melebihi target yang telah ditetapkan di bulan November.

"Di bisnis jalan tol, tidak ada permasalahan jika pembebasan lahan sudah selesai, karena membangun konstruksi jalan tol bukan merupakan permasalahan yang berat," kata Refly.


Dirinya juga menyatakan dengan dioperasikannya Jalan Tol Balikpapan-Samarinda akan memangkas biaya logistik karena distribusi barang antar dua kota tersebut menjadi lebih cepat.

Pengguna jalan dapat memangkas total perjalanan 54 Km, sehingga berbanding lurus dengan efisiensi waktu perjalanan antara Balikpapan dan Samarinda, dari waktu tempuh semula menghabiskan 3 jam, nantinya dapat ditempuh hanya dalam waktu 1 jam.

(ang/ang)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed