Follow detikFinance
Jumat 13 Oct 2017, 13:45 WIB

Begini Kondisi Terkini LRT Kelapa Gading-Velodrome

Puti Aini Yasmin - detikFinance
Begini Kondisi Terkini LRT Kelapa Gading-Velodrome Foto: Agung Pambudhy
Jakarta - Light Rail Transit (LRT) Jakarta Koridor I Fase I, yakni Kelapa Gading-Velodrome sedang dalam proses pembangunan. Lantas, bagaimana kondisinya terkini?

Dipantau detikFinance dari lokasi proyek di Kelapa Gading, Jumat (13/10/2017) LRT memiliki tiga lot yang terdiri dari lima seksi dan satu depo stasiun.

Amran, selaku quality control lot 2 proyek tersebut, mengatakan bahwa pembangunan struktur LRT pada setiap lotnya berbeda-beda. Namun secara keseluruhan sudah dalam proses.

"Secara keseluruhan sudah. Stuktur sudah 60%. Sudah on progress semua. Tinggal yang slow-slow saja (pekerjaannya)," kata Amran.

Begini Kondisi Terkini LRT Kelapa Gading-Velodrome Foto: Puti Aini Yasmin-detikFinance

Terlihat memang, hampir semua peer atau tiang LRT sudah terpasang. Walaupun masih ada beberapa box gider yang belum terpasang.

"Target penyelesaian LRT ini tahun depan. Mei sudah trial dan perawatan. Kalau benar-benar operasinya harus Juli. Bisa nggak bisa karena untuk ASEAN Games," sambungnya.

Nah, pada lot 2 terlihat penyelesaian struktur sudah hampir menyeluruh. Hanya ada beberapa box gider dan parapet yang belum terpasang.

"Sekarang kita fokus ngejar proses finishing. Seperti pasang slab track atau rel karena targetnya (lot 2) kita selesai akhir bulan ini dan ini sudah sekitar 70%," kata Amran

Begini Kondisi Terkini LRT Kelapa Gading-Velodrome Foto: Puti Aini Yasmin-detikFinance

Lebih lanjut ia mengatakan bahwa masih ada beberapa kendala dalam menyelesaikan proyek LRT ini. Misalnya pada soft drawing atau desain yang berubah. Hal itu terjadi karena stasiun LRT menggunakan tiang spesial span.

Sebagai informasi, LRT ini memiliki panjang mencapai 5,8 kilometer. Nantinya akan menghubungkan Kelapa Gading hingga arena balap sepeda Velodrome di Jakarta Timur. (dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed