Follow detikFinance
Jumat 13 Oct 2017, 20:54 WIB

Tol Kualanamu-Sei Rampah Akan Dibuka Gratis Seminggu

Ardan Adhi Chandra - detikFinance
Tol Kualanamu-Sei Rampah Akan Dibuka Gratis Seminggu Foto: Agung Pambudhy
Deli Serdang - Selah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi), tol Kualanamu-Sei Rampah sepanjang 41,65 km dioperasikan secara gratis selama satu minggu. Sehingga pengendara tidak perlu mengeluarkan uang untuk melewati tol tersebut.

"Biasanya seminggu, ada aturannya," kata Dirjen Bina Marga Kementerian PUPR Arie Setiadi Moerwanto di Gerbang Tol Kualanamu, Deli Serdang, Jumat (13/10/2017).

Dibebaskannya biaya tersebut kepada para psngguna diharapkan dapat meningkatkan animo masyarakat untuk mencoba jalan tol Kualanamu-Sei Rampah. Sehingga kepadatan lalu lintas di jalan bisa teralihkan sebagian.

Pihaknya menambahkan, pembayaran jalan tol ini juga diprioritaskan menggunakan non tunai. Hal ini sejalan dengan rencana pemerintah terkait elektronifikasi pembayaran jalan tol.

"Kalau kita pake cashless atau non tunai itu waktunya hanya 5 detik aja, efisiensinya banyak. Kedua juga untuk keamanan juga karena di gardu tol banyak uang kan enggak aman juga," tutur Arie.

Arie berharap dengan beroperasinya jalan tol ini bisa menurunkan biaya logistik di Sumatera Utara. Pasalnya waktu tempuh bisa dipangkas dibandingkan menggunakan jalan biasa.

"Kalau semakin cepat dan lain-lain kan harga biaya logistiknya bisa turun," tutup Arie. (ara/dna)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed