Follow detikFinance
Selasa 17 Oct 2017, 17:45 WIB

Masih Banyak 'PR' Infrastruktur Jokowi yang Belum Selesai

Hendra Kusuma - detikFinance
Masih Banyak PR Infrastruktur Jokowi yang Belum Selesai Foto: Ari Saputra
Jakarta - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) selama tiga tahun, kebinet kerja telah berhasil membangun 2.263 km jalan, baik nasional maupun jalan tol. Di mana, sekitar 2.000 km untuk jalan di perbatasan, dan sekitar 568 km merupakan jalan tol.

Meski demikian, Kepala Balitbang Kementerian PUPR Danis H Sumadilaga mengatakan, masih banyak pekerjaan yang harus diselesaikan hingga 2019.

"Khusus pembiayaan jalan tol, itu di luar APBN, memang ini terkait investasi apakah KPBU ataupun Pina, dari 1.000 km, sudah 568 km dalam 2 tahun sekitar 1.850 km," kata Danis di Bina Graha Kantor Staf Presiden (KSP), Jakarta, Selasa (17/10/2017).

Tidak hanya itu, kata Danis, PUPR juga mengejar pembangunan perumahan khusus masyarakat berpenghasilan rendah (MBR). Di mana, hingga akhir tahun ini diperkirakan tersedia 2,2 juta.

"Jadi masih ada 2 tahun lagi, mudah2an ini bisa mencapai di atas 80%," jelas dia.

Kemudian, berkaitan dengan irigasi dari 1 juta hektar diperkirakan menjadi 900 ribu hektar, serta menyelesaikan konektivitas jalan perbatasan di Kalimantan, Papua, dan NTT. Selanjutnya terkait akses air minum melalui air baku yang saat ini mencapai 40% dan masih perlu ditingkatkan lagi.

"Pembangunan bendungan masih sesuai rencana, sudah selesai 9, di mana pada akhir 2019 ada 29 bendungan selesai dan 36 berjalan terus ke tahun berikutnya," tukas dia. (dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed