Follow detikFinance
Selasa 17 Oct 2017, 21:13 WIB

Sambut Peserta Pertemuan IMF-World Bank 2018, Ini Progres GWK

Niken Widya Yunita - detikFinance
Sambut Peserta Pertemuan IMF-World Bank 2018, Ini Progres GWK Foto: Ari Saputra
Jakarta - Garuda Wisnu Kencana (GWK) di Tanjung Nusa Dua, Badung, Bali, akan menjadi salah satu lokasi yang dikunjungi para tamu pada pertemuan IMF-World Bank Annual Meeting Oktober 2018. Pembangunan GWK saat ini sedang dikebut.

Proyek konstruksi patung GWK Bali kembali dilanjutkan. Proyek yang mangrak 20 tahun itu terlihat gagah menjulang.

"Patung ini akan selesai Juli 2018," ujar Wayan, salah satu petugas di GWK, pekan lalu.

Patung yang dibuat itu yakni Dewa Wisnu dan Garuda. Patung tersebut tidak menggunakan patung lama yang mangkrak namun membuat patung baru dari awal. Patung lama akan dibiarkan di tempatnya saat ini.

Pembangunannya dilakukan di tempat terpisah. Jadi pembangunan dilakukan tidak jauh dengan lokasi patung Wisnu dan Garuda yang menjulang tinggi.

Jika sudah jadi lempengan patung, maka akan disambung ke lokasi patung Wisnu dan Garuda. Patung Wisnu dan Garuda yang akan dibangun yakni Wisnu menunggangi Garuda.

"Rencananya tinggi patung Wisnu menunggangi Garuda akan melebihi Patung Liberty di New York," kata Wayan.

Bila patung tersebut rampung, patung GWK akan menjadi ikon pariwisata Bali dengan total ketinggian patung mencapai 120 meter dan bentangan sayap garuda 64 meter. Patung ini terbuat dari campuran tembaga dan baja seberat 4.000 ton.

Pembuat patung, Nyoman Nuarta dalam Instagramnya mengatakan telah menyelesaikan patung GWK. Bagian kaki dan dada patung tersebut tengah dirampungkan.

"Dada GWK telah terpasang dgn baik dada ini salah satu pemasangannya yg memiliki tingkat kesulitan tinggi.semoga seterusnya lancar dan selamat," tulis Nyoman dalam IG-nya Nyoman_Nuarta.

Seperti diketahui 15.000 delegasi IMF-World Bank Annual Meeting akan meramaikan Pulau Dewata, Bali Oktober 2018 mendatang. Acara tahunan ini, dihadiri oleh Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Sentral dari 189 negara. (dna/dna)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed