Follow detikFinance Follow Linkedin
Sabtu, 28 Okt 2017 08:30 WIB

Rel Kereta Sulsel Sudah Terbangun 16 Km

Yulida Medistiara - detikFinance
Foto: Agung Pambudhy Foto: Agung Pambudhy
Makassar - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meninjau proyek rel kereta api di Sulawesi Selatan (Sulsel). Ia menyebut saat ini progresnya mencapai 16 km.

"Sekarang sudah 16 km kira-kira. Tahun depan sudah jadi 47 km," ujar Budi Karya, saat meninjau rel kereta Sulsel, Kabupaten Barru, Makassar, Jumat (27/10/2017).

Pantauan detikcom, banyak pekerja yang menggunakan traktor sedang mengeruk tanah. Kondisi jalan masih dipenuhi banyak tanah liat.

Ia menargetkan pada tahap awal hingga 2018 terbangun 47 km, lalu sisanya 100 km akan dibangun oleh swasta. Ia menyebut 100 km itu akan dibangun dengan skema KPBU atau bekerjasama antara pemerintah dan swasta.

 Rel KA Sulsel Sudah Terbangun 16 Km Foto: Yulida Medistiara/detikcom

Sekitar tiga bulan lagi nantinya akan dipersiapkan dokumen untuk pembukaan tender. Sementara itu ia menyebut telah ada sejumlah perusahaan baik swasta, BUMN, BUMD, hingga investor asing. Ia menyebut investor asing yang berminat salah satunya dari Korea Selatan.

"Ada yang mau beberapa belum buka tender ada BUMN, BUMD, swasta Susel, Korea intensif berdiskusi," ujarnya.

Ia mengatakan untuk tahap pertama sepanjang 47 km pemerintah mengeluarkan dana Rp 2 triliun, sebanyak 1,64 triliun tahun 2017 dan tahun 2018 Rp 600 miliar. Sementara untuk skema KPBU, pembangunan 100 km dibutuhkan dana Rp 4-5 triliun. Ia menargetkan pembangunan dengan skema KPBU itu akan selesai pada 2019.

Ia mengatakan kendala terkait pembangunan ini karena uang yang dibutubkan besar. Sedangkan tidak ada lagi masalah pembebasan tanah karena telah dibereskan pemerintah setempat.

"Kendala investasi besar dan hati-hati mendapatkan uang dengan baik dan tanah itu biasanya tapi dengan adanya Bupati alhamdulillah," ungkapnya. (ega/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com