Follow detikFinance
Rabu 08 Nov 2017, 11:41 WIB

315 Kontraktor Hadir dalam Pameran Infrastruktur di Senayan

Ardan Adhi Chandra - detikFinance
315 Kontraktor Hadir dalam Pameran Infrastruktur di Senayan Foto: Ardan Adhi Chandra-detikFinance
Jakarta - Pameran infrastruktur tahunan, Indonesia Infrastructure Week (IIW) 2017 kembali digelar tahun ini. Pameran infrastruktur yang memasuki tahun kelima ini digelar di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta pada tanggal 8-10 November 2017.

Pameran infrastruktur tahunan, Indonesia Infrastructure Week (IIW) 2017 kembali digelar tahun ini. Pameran infrastruktur yang memasuki tahun kelima ini digelar di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta pada tanggal 8-10 November 2017.

Pembukaan IIW 2017 kali ini juga dihadiri oleh Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro serta Plt Dirjen Bina Konstruksi Kementerian PUPR Danis Sumadilaga yang mewakili Menteri PUPR Basuki Hadimuljono yang berhalangan hadir.

"Di 2016 kita mempunyai kurang lebih 188 exhibitor, tahun ini 315 exhibitor dalam dan luar negeri," kata Ketua Umum Kadin Indonesia Rosan Roeslani saat membuka IIW 2017 di JCC Senayan, Jakarta, Rabu (8/11/2017).

IIW diselenggerakan dengan tujuan mendorong sektor swasta untuk lebih berpartisipasi dalam usaha percepatan pembangunan infrastruktur Indonesia.

Selain itu, ajang ini juga digelar guna mempromosikan proyek-proyek infrastruktur yang menarik dan bankable dari berbagai sektor dan memberikan pandangan dan wawasan perihal iklim investasi dan kondisi ekonomi dalam mendukung percepatan infrastruktur di Indonesia.

"Bappenas sudah memberikan beberapa alternatif seperti public private partnership ataupun skema-skema pembiayaan sehingga acara Indonesia Infrastructure Week kami bersama-sama Bappenas ada acara khusus infrastructure finance sosialisaaikan program-program pembiayaan dalam rangka akselerasi pertumbuhan dan percepatan infrastruktur," kata Rosan.

Dengan diselenggaralannya acara ini, ia berharap kerja sama antara pemerintah, BUMN dan swasta dalam pembangunan infrastruktur bisa semakin banyak.

"Kami harapkan sinergi makin kuat pemerintah, BUMN, swasta sinergi yang saling menunjang," tutur Rosan.

Ada dua kegiatan utama yang digelar di IIW 2017, antara lain seminar dan pameran. Pada, Rabu 8 November 2017 akan digelar Seminar Infrafinance yang terdiri dari tiga sesi diskusi panel. Sesi pertama membahas topik kondisi infrastruktur Indonesia saat ini yang mencakup perkembangan, pelaksanaan, dan tantangan.

Sesi kedua membahas masa depan pendanaan infrastruktur di Indonesia. Sesi ketiga mengulas serta mengidentifikasi pasar proyek-proyek infrastruktur serta knowledge sharing dari para pelaku bisnis di sektor infrastruktur.

Pembicara yang dihadirkan berasal dari berbagai kalangan, seperti dari unsur pemerintah, lembaga kerja sama pembangunan internasional, pengusaha nasional maupun internasional, ahli hukum, dan akademisi.

Pada hari yang sama, juga digelar acara Investment Partnership Ceremonial antara PT Nusantara Infrastructure dengan investor strategis di bidang infrastruktur, terutama di bidang jalan tol, Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM), dan pembangkit listrik.

Pada 9-10 November 2017, IIW menggelar ragam forum diskusi dengan tema infrastruktur secara spesifik, seperti Infraport, Infrarail, Infratraffic, Infrawater, Special Economic & Industrial Zone, dan Jakarta Infrastructure Forum.

Para pengunjung juga bisa melihat pameran yang diikuti lebih dari 200 stan. Peserta pamerannya berasal dari pemerintah pusat, pemerintah daerah, BUMN, dan sektor swasta. Pameran digelar selama IIW 2017 berlangsung, yakni pada 8-10 November 2017. (ara/dna)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed